Cahyani, Hana Nika Dwi (2010) Kemampuan guru geografi dalam melaksanakan pembelajaran di SMA Negeri kota Kediri / Hana Nika Dwi Cahyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Kemampuan guru Perencanaan Pembelajaran Evaluasi geografi SMA Guru sebagai salah satu faktor penentu keberhasilan pendidikan yang sangat penting karena guru sebagai faktor penentu yang mempengaruhi tinggi rendahnya kualitas pendidikan. Oleh karena itu untuk dapat melaksanakan pembelajaran yang baik maka guru harus memiliki kemampuan dasar mengajar. Ada tiga kompetensi esensial yang harus dimiliki oleh seorang guru dalam melaksanakan tugas instruksionalnya yaitu kemampuan merencanakan pembelajaran kemampuan melaksanakan pembelajaran dan kemampuan melaksanakan evaluasi. Berdasarkan observasi terdapat kendala dalam melaksanakan pembelajaran secara utuh dan sistematis dalam perencanaan pembelajaran terdapat kendala yaitu beberapa guru mengalami kesulitan dalam menentukan metode dan model yang melibatkan siswa secara aktif menentukan materi yang akan disajikan. Dalam proses pembelajaran guru mengalami kesulitan dalam membangkitkan semangat dan minat siswa dan penggunaan media belajar yang terbatas karena keterbatasan sarana yang dimiliki sekolah. Dalam evaluasi guru kesulitan dalam menjabarkan indikator dalam butir soal dan standar nilai yang dicapai siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru geografi di SMA Negeri Kota Kediri dalam penyusunan RPP melaksanakan pembelajaran dan pelaksanaan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah guru geografi di SMA Negeri Kota Kediri yang berjumlah 16 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah panduan penilaian RPP merujuk pada rambu-rambu penilaian RPP yang didapatkan dari IPKG (Instrumen Penilaian Kinerja Guru) dan pedoman observasi untuk pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi. Analisis hasil penelitian yang digunakan untuk menyimpulkan data adalah dengan menggunakan statistik deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Kemampuan guru geografi dalam menyusun RPP di SMA Negeri Kota Kediri tergolong baik guru telah menggunakan format RPP yang baik yaitu format RPP I menurut Muslich (2007). (2) Kemampuan guru geografi dalam melaksanakan pembelajaran di SMA Negeri Kota Kediri tergolong baik (3) Kemampuan guru geografi dalam Melaksanakan Evaluasi Pembelajaran di SMA Negeri Kota Kediri tergolong kurang baik. Disarankan agar guru geografi di SMA Negeri Kota Kediri meningkatkan pemahaman terhadap KTSP dan dapat meningkatkan kinerjanya dalam melaksanakan pembelajaran yang meliputi perencanaan pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Aug 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/52830 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |