Evaluasi kesesuaian lahan untuk pengembangan kawasan permukiman di Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember / Dicky Perdana - Repositori Universitas Negeri Malang

Evaluasi kesesuaian lahan untuk pengembangan kawasan permukiman di Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember / Dicky Perdana

Perdana, Dicky (2010) Evaluasi kesesuaian lahan untuk pengembangan kawasan permukiman di Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember / Dicky Perdana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci evaluasi kesesuaian lahan permukiman Kawasan permukiman merupakan kawasan di luar kawasan lindung yang digunakan sebagai lingkungan tempat tinggal atau hunian masyarakat berada di wilayah perkotaan dan perdesaan. Kecamatan Ambulu memiliki luas wilayah 10.112 33 ha dihadapkan pada masalah kekurangan rumah (backlog) karena pembangunan permukiman tidak sebanding dengan pertumbuhan penduduk sebagai akibat perkembangan infrastruktur diantaranya pembangunan Jalur Lintas Selatan (JLS) dan kegiatan sentra ekonomi pusat Sub Satuan Wilayah Pengembangan (SSWP) Jember Selatan bagian Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik lahan yang diperuntukkan bagi kawasan permukiman dan mengevaluasi karakteristik lahan untuk pengembangan kawasan permukiman di Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember berdasarkan kelas kesesuaian lahan untuk pemukiman. Metode yang digunakan survey dengan pendekatan deskriptif dan evaluatif. Deskriptif yaitu suatu metode pendekatan penelitian yang memberikan penjelasan data yang diperoleh dari pengukuran berdasarkan kriteria-kriteria yang ada sedangkan evaluatif adalah suatu pendekatan penelitian dengan tujuan untuk memberikan penilaian pada suatu objek yang diteliti. Data primer yang dikumpulkan meliputi kemiringan lereng saluran pembuangan air kotor daya dukung tanah pengatusan permukaan penggenangan atau banjir tingkat pelapukan batuan ketersediaan air bersih dan tekstur tanah. Data sekunder meliputi data kependudukan dan data curah hujan. Objek penelitian berada di tiga desa yaitu Desa Sumberejo Desa Sabrang dan Desa Karanganyar. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan peta satuan unit lahan yang dihasilkan dari tumpang susun (overlay) tiga peta yaitu peta jenis tanah peta kemiringan lereng dan peta penggunaan lahan. Penentuan kelas kesesuaian lahan untuk permukiman ditetapkan berdasarkan jumlah hasil pengharkatan (scoring) terhadap parameter-parameter kesesuaian lahan pada satuan lahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas kesesuaian untuk satuan lahan A1Si dan A1Tl adalah sangat sesuai dan satuan lahan A1Kb A1Si L1Kb L1Si L2Kb dan L5Kb adalah sesuai bagi pengembangan kawasan permukiman di Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52820

Actions (login required)

View Item View Item