Faktor-Faktor Yang mempengaruhi Keengganan Siswa Untuk memanfaatkan Perpustakaan SLTP Negeri 4 Malang Tahun 2003 Oleh Arjan - Repositori Universitas Negeri Malang

Faktor-Faktor Yang mempengaruhi Keengganan Siswa Untuk memanfaatkan Perpustakaan SLTP Negeri 4 Malang Tahun 2003 Oleh Arjan

Arjan (2010) Faktor-Faktor Yang mempengaruhi Keengganan Siswa Untuk memanfaatkan Perpustakaan SLTP Negeri 4 Malang Tahun 2003 Oleh Arjan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perpustakaans eharusnyad apat dijadikan tempat atau saranau ntuk membantu menggairahkasne mangabt elajar menumbuhkanm inat baca d an mendorongs iswa belajar secara mandiri karcna perpustakaan berfungsi sebagai sarana edukatif informatif riset dan rekreatif. Namun kenyataannya perpustakaan belum dimanfaatkan secara maksimal terutama oleh siswa. Hal ini disebabkan oleh banyak faklor ]ang secara umum terbagi atas faktor internal (diri siswa) dan ekstemal (pihak perpustakaasne koIa h). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (l) Faktor-faktor internal yang mempengaruhki eengganans iswa untuk memanfaatkanp erpustakaanS LTP Negeri 4 lvlalang (2) Faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi keengganan siswa untuk memanfaatkanp erpustakaanS LTP Negeri 4 Malang (3) Usahay ang dilakukan pihak perpustakaanS LTP Negeri 4 Malang untuk mengatasi keengganans iswa dalam memanfaatkapne rpustakaans ekolah. Penelitian dirancang dengan pendekatan deskriptif sedangkan metode yang digUnakana dalahm etodes uryey y aitu inforraasi dikumpulkan dari respondend engan menggunakana ngket dengan populasi seluruh siswa SLTP Negeri 4 Malang yang berjumlah7 78 siswa yang kesemuanyas udaht erdaftar sebagaia nggotap erpustakaan sekOlahP. engambilans ampel menggunakante knik proporlional random sampling. Menentukan sampel mana saja yang dijadikan sebagai responden dari tiap kelas digunakant elurrikp robability samplingd enganc arao rdinal. Hasil penelitianm enunjukkan( l ) Faktor intemal yang berpengaruhte rhadap keengganans iswa adalah minat baca siswa yang rendah dan prestasib elajar siswa (2) Faktore ksternayl ang berpengaruha dalahs istemd anj enis layananp erpustakaan sekolahd an kelengkapans aranap erpustakaan( 3 ) Usaha-usahaya ng dilalcukanp ihak perpustakaana dalah a ) Membuat poster dengans logan-slogany ang berisi himbauan mengenai pentingnya membaca buku b) Mengadakan kerja sama dengan para guru untuk mengurangik eenggnan dan meningkatkanp emanfaatanp erpustakaans ekolah melalui pemberian tugas-tugas kepada siswa yang mengharuskan mereka untuk menggunakanb uku-buku penunjangp elajarany ang ada di perpustakaaqc ) Menamhalr koleksi buku yang lebih np to date sehingg are levand engank ebutuhans iswa dan kemajuani lmu pengetahuand ) Memberikanp enghargaanb erupah adiahk epadas iswa yangs ering mensunjung perpustakaand an banyakm cminjam buku.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52811

Actions (login required)

View Item View Item