Pengaruh permainan scramble terhadap kemampuan menyusun kalimat sederhana siswa tunarungu kelas IV di SDLB Negeri Kedungkandang Malang / Aulia Sintya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh permainan scramble terhadap kemampuan menyusun kalimat sederhana siswa tunarungu kelas IV di SDLB Negeri Kedungkandang Malang / Aulia Sintya

Sintya, Aulia (2017) Pengaruh permainan scramble terhadap kemampuan menyusun kalimat sederhana siswa tunarungu kelas IV di SDLB Negeri Kedungkandang Malang / Aulia Sintya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sintya Aulia. 2017. Pengaruh Permainan Scramble Terhadap Kemampuan Menyusun Kalimat Sederhana Siswa Tunarungu Kelas IV di SDLB Negeri Kedungkandang Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Abdul Huda M.Pd (II) Sopingi S.Sos M.Pd. Kata Kunci Permainan Scramble Kemampuan Menyusun Kalimat Sederhana Tunarungu Tunarungu merupakan anak yang memiliki hambatan dengan organ pendengarannya sehingga perkembangan berbicara dan bahasa anak tunarungu terhambat pada fase babling (meraban). Minimnya kosakata tentu berpengaruh terhadap kemampuan mengenali pola kalimat dan menyusun kalimat. Permainan scramble merupakan permainan yang melatih kreativitas dan daya ingat siswa terhadap pola kalimat seperti subjek predikat objek dan keterangan. Sehingga dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyusun kalimat. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan kemampuan menyusun kalimat sederhana siswa tunarungu sebelum diberikan permainan scramble. (2) Mendeskripsikan kemampuan menyusun kalimat sederhana siswa tunarungu sesudah diberikan permainan scramble. (3) Mendeskripsikan pengaruh permainan scramble terhadap kemampuan menyusun kalimat sederhana pada siswa tunarungu kelas IV di SDLB Negeri Kedungkandang Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Pre Experimental Design dengan bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV tunarungu di SDLB Negeri Kedungkandang Malang yang berjumlah 6 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen tes menyusun kalimat. Analisis menggunakan uji jenjang bertanda Wilcoxon. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata sebelum diberikan perlakuan (treatment) yaitu 51 67 dan nilai rata-rata sesudah diberikan perlakuan (treatment) yaitu 88 33. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) 0 026

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5280

Actions (login required)

View Item View Item