Analisis teks pada materi litosfer dan pedosfer dalam buku teks pelajaran geografi SMA kelas X terbitan PT Phibeta aneka gama / Arif Susanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis teks pada materi litosfer dan pedosfer dalam buku teks pelajaran geografi SMA kelas X terbitan PT Phibeta aneka gama / Arif Susanto

Susanto, Arif (2010) Analisis teks pada materi litosfer dan pedosfer dalam buku teks pelajaran geografi SMA kelas X terbitan PT Phibeta aneka gama / Arif Susanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Susanto Arif. 2010. Analisis Teks pada Materi Litosfer dan Pedosfer dalam Buku Teks Pelajaran Geografi SMA Kelas X Terbitan PT Phibeta Aneka Gama. Skripsi Jurusan Pendidikan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Edy Purwanto M. Pd (II) Drs. Dwiyono Hari Utomo M. Si M. Pd Kata kunci analisis teks kesesuaian isi materi dengan kurikulum kebenaran konsep kebenaran bahasa fungsi gambar Perubahan kurikulum yang tidak diikuti dengan penyusunan teks yang terencana dengan baik mengakibatkan permasalahan yaitu pada isi buku teks. Isi buku teks pelajaran secara umum sulit dipahami siswa karena banyak mengandung kesalahan. Kesalahan tersebut antara lain dalam setiap paragraf mengandung banyak konsep dan penggunaan bahasa Indonesia yang kurang tepat. Oleh karena itu untuk mengatasi kondisi teks seperti itu para guru atau calon guru harus memiliki kemampuan menulis teks mengkaji teks yang telah ada dan merevisi sesuai hasil kajian. Untuk mengungkapkan kualitas dari buku teks khususnya untuk buku teks Geografi SMA maka penelitian ini merumuskan masalah sebagai berikut. (1) bagaimana kesesuaian materi isi materi Litosfer dan Pedosfer dengan kurikulum yang berlaku (2) bagaimana kebenaran konsep pada materi Litosfer dan Pedosfer (3) bagaimana kebenaran bahasa pada materi Litosfer dan Pedosfer (4) bagaimana fungsi gambar yang terdapat dalam materi Litosfer dan pedosfer Untuk memecahkan masalah tersebut penelitian dirancang dengan model analisis isi. Sumber data penelitian ini adalah buku teks pelajaran geografi SMA Kelas X terbitan PT Phibeta Aneka Gama. Data hasil analisis dikumpulkan dengan menggunakan instrumen berupa pedoman analisis. Dengan menggunakan pedoman tersebut dikumpulkan data sebagai berikut pertama kesesuaian materi Litosfer dan Pedosfer dengan kurikulum berlaku yang tergolong sesuai sebesar 100% kedua kebenaran konsep yang tergolong benar dengan rincian (1) konsep terdefinisi sebesar 95 31% dan (2) konsep konkrit sebesar 31 03% ketiga kebenaran bahasa yang tergolong benar dengan rincian (1) kebenaran paragraf sebesar 79 59% dan (2) kebenaran kalimat sebesar 74 02% keempat fungsi gambar dengan rincian (1) tidak berfungsi sebesar 5 26% (2) contoh fakta sebesar 10 53% (3) contoh konsep sebesar 57 89% dan (4) contoh generalisasi sebesar 26 32%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan pertama kesesuaian isi materi Litosfer dan Pedosfer tergolong sesuai tetapi dari segi penyajian materi kurang lengkap kedua kebenaran konsep mengandung banyak kesalahan yang sulit dipahami siswa ketiga kebenaran bahasa mengandung banyak kesalahan yang mengganggu ketercernaan belajar keempat fungsi gambar tergolong berfungsi sebagai contoh konsep. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diajukan saran-saran pertama buku teks pelajaran geografi SMA kelas X terbitan PT Phibeta Aneka Gama hendaknya direvisi kedua bagi guru pengajar atau calon guru sebelum mempergunakan buku teks haruslah ditelaah terlebih dahulu mengenai penyajian materi. i

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52792

Actions (login required)

View Item View Item