Hubungan antara pengalaman mengajar dengan pelaksanaan pembelajaran guru IPS-GEOGRAFI SMP Negeri di kabupaten Bondowoso / Rezaniah Sholivia Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara pengalaman mengajar dengan pelaksanaan pembelajaran guru IPS-GEOGRAFI SMP Negeri di kabupaten Bondowoso / Rezaniah Sholivia Sari

Sari, Rezaniah Sholivia (2010) Hubungan antara pengalaman mengajar dengan pelaksanaan pembelajaran guru IPS-GEOGRAFI SMP Negeri di kabupaten Bondowoso / Rezaniah Sholivia Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari Rezaniah Sholivia. 2010. Hubungan antara Pengalaman Mengajar dengan Pelaksanaan Pembelajaran Guru IPS-Geografi SMP Negeri di Kabupaten Bondowoso. Skripsi Jurusan Geogarfi Program Studi Pendidikan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Timotius Suwarna M.Pd. (II) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu M.Si. Kata kunci pengalaman mengajar pelaksanaan pembelajaran Pengalaman mengajar seorang guru sangat dibutuhkan sumbangannya dalam menambah pengetahuan yang luas agar pelaksanaan pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan aktif sesuai tujuan yang diinginkan. Oleh karena itu seorang guru harus bisa mengikuti perkembangan jaman yang senantiasa berubahubah. Perkembangan jaman saat ini guru dituntut untuk profesional dengan mengujinya dalam program sertifikasi. Namun yang paling penting dalam program ini guru bisa sadar akan makna tujuan dan proses sertifikasi sehingga kesadaran diri bahwa pengetahuan dan keterampilan itu lebih penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara pengalaman mengajar dengan pelaksanaan pembelajaran guru IPS-Geografi SMP Negeri di Kabupaten Bondowoso dan bagaimana hubungan masing-masing sub variabel pengalaman mengajar dengan pelaksanaan pembelajaran guru IPSGeografi SMP Negeri di Kabupaten Bondowoso. Penelitian ini menggunakan rancangan korelasional dengan populasi berjumlah 23 orang. Instrument yang digunakan berupa angket (kuesioner) observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis Korelasi Product Momen Pearson. Hasil penelitian ini menunjukkan koefisien korelasi pengalaman mengajar dengan pelaksanaan pembelajaran guru IPS-Geografi SMP Negeri di Kabupaten Bondowoso adalah sebesar 0 669 dan nilai Sig. (2-tailed) 0 000. Hasil koefisien korelasi masa kerja dengan pelaksanaan pembelajaran guru IPS-Geografi SMP Negeri di Kabupaten Bondowoso adalah sebesar 0 918 dan nilai Sig. (2-tailed) 0 002. Hasil koefisien korelasi penataran dan seminar dengan pelaksanaan pembelajaran guru IPS-Geografi SMP Negeri di Kabupaten Bondowoso adalah sebesar 0 609 dan nilai Sig. (2-tailed) 0 000. Hasil koefisien korelasi jam mengajar dengan pelaksanaan pembelajaran guru IPS-Geografi SMP Negeri di Kabupaten Bondowoso adalah sebesar 0 138 dan nilai Sig. (2-tailed) 0 530 yang ternyata lebih besar dari 945 0 05 (0 530 0 05) ini menunjukkan bahwa korelasi antara jam mengajar dengan pelaksanaan pembelajaran tidak signifikan. Hubungan antara pengalaman mengajar dengan pelaksanaan pembelajaran guru IPS-Geografi SMP Negeri di Kabupaten Bondowoso berhubungan secara signifikan. Hubungan antara masa kerja dengan pelaksanaan pembelajaran guru IPS-Geografi SMP Negeri di Kabupaten Bondowoso berhubungan secara signifikan. Hubungan antara penataran dan seminar dengan pelaksanaan pembelajaran guru IPS-Geografi SMP Negeri di Kabupaten Bondowoso berhubungan secara signifikan. Hubungan antara jam mengajar dengan pelaksanaan pembelajaran guru IPS-Geografi SMP Negeri di Kabupaten Bondowoso tidak berhubungan secara signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52785

Actions (login required)

View Item View Item