Johandayani (2010) Pengaruh media microsoft powerpoint terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas VIII pada topik bahasan kondisi fisik wilayah dan penduduk di SMP Negeri 2 Malang / Johandayani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Johandayani. 2009. Pengaruh Media Microsoft PowerPoint terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi Kelas VIII pada Topik Bahasan Kondisi Fisik Wilayah dan Penduduk di SMP Negeri 2 Malang. Skripsi Jurusan Geografi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Edy Purwanto M.Pd (II) Drs. Yusuf Suharto. Kata kunci Media Microsoft PowerPoint hasil belajar. Memajukan kemampuan anak didik tidaklah mudah karena sifat pembelajaran yang semakin kompleks. Guru siswa kurikulum sarana dan prasarana yang termasuk di dalam proses pembelajaran saling berhubungan.Guru mempunyai tugas memilih metode dan media pembelajaran yang tepat sesuai dengan karakteristik siswa serta materi yang disampaikan demi tercapainya tujuan pendidikan khususnya belajar geografi. Alat atau media pembelajaran merupakan salah satu komponen yang sangat penting untuk peningkatan kemampuan anak didik dalam proses belajar mengajar. Salah satu media pembelajaran yang banyak digunakan adalah OHP (Over head Projektor) namun dalam pelaksanaannya peggunaan OHP (Over head Projektor) tidak praktis. Berbeda dengan media pembelajaran Microsoft PowerPoint yang sangat mudah dioperasikan melalui bantuan komputer dan proyektor LCD seorang pendidik dapat menyampaikan materi dengan mudah dan lebih hemat karena kertas transparansi tidak diperlukan lagi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk membuktikan pengaruh media Microsoft PowerPoint terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Malang pada mata pelajaran Geografi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Malang semester ganjil tahun ajaran 2008/2009 yang secara akademis memiliki kemampuan rata-rata tiap kelas adalah sama sehingga dianggap homogen. Penelitian ini mengambil dua kelas satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol.Kelas eksperimen dan kelas kontrol mendapat perlakuan pembelajaran yang sama dari segi tujuan isi bahan pembelajaran dan waktu belajar perbedaan hanya terletak pada pemanfaatan Media Microsoft PowerPoint. Data dikumpulkan dengan cara pemberian tes kemampuan awal (prates) dan tes kemampuan akhir (pascates). Analisis data dilakukan dengan uji Paired Sample Test dengan bantuan SPSS 14.0 for Windows. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar IPS Geografi siswa yang menggunakan media Microsoft PowerPoint lebih baik daripada siswa yang tidak menggunakan media Microsoft PowerPoint. Dengan demikian dapat dikemukakan bahwa penggunaan media Microsoft PowerPoint berpengaruh pada hasil belajar IPS Geografi. Saran yang diajukan untuk guru bidang studi Geografi adalah menjadikan media Microsoft PowerPoint sebagai media pembelajaran agar hasil belajar siswa lebih baik. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah mengembangkan media Microsoft PowerPoint dan mengkombinasikan dengan media pembelajaran yang lebih variatif sehingga tampak pengaruh yang besar terhadap hasil belajar siswa dan memperoleh manfaat yang lebih besar dari penggunaan media Microsoft PowerPoint.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Mar 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/52784 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |