Penerapan pembelajaran kooperatif model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS geografi siswa kelas VIII D SMP Negeri 2 Balerejo Kabupaten Madiun pada kompetensi dasar mengidentifikasi permasalahan kepend - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS geografi siswa kelas VIII D SMP Negeri 2 Balerejo Kabupaten Madiun pada kompetensi dasar mengidentifikasi permasalahan kepend

Sholikhah, Wiwik Fitri (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS geografi siswa kelas VIII D SMP Negeri 2 Balerejo Kabupaten Madiun pada kompetensi dasar mengidentifikasi permasalahan kepend. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sholikhah Wiwik Fitri. 2010. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Geografi Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 2 Balerejo Kabupaten Madiun pada Kompetensi Dasar Mengidentifikasi Permasalahan Kependudukan dan Upaya Penanggulangannya. Skripsi Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Achmad Amirudin M.Pd dan (II) Drs. Yusuf Suharto. . Kata kunci CIRC aktivitas belajar dan hasil belajar. Berdasarkan wawancara dan observasi yang dilakukan pada tanggal 3 Agustus 2009 di kelas VIII D SMP Negeri 2 Balerejo diperoleh informasi bahwa guru belum menggunakan model pembelajaran inovatif yang mampu membuat siswa aktif belajar. Guru cenderung menggunakan metode ceramah tanya jawab diskusi kelompok dan penugasan sehingga aktivitas siswa juga masih rendah. Hal ini secara tidak langsung mempengaruhi hasil belajar siswa. Hal ini salah satunya terlihat dari ketuntasan siswa yang hanya 50% dinyatakan tuntas ketika mengikuti tes hasil belajar pada KD mendeskripsikan kondisi fisik wilayah dan penduduk. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIID semester ganjil tahun ajaran 2009/2010 SMP Negeri 2 Balerejo yang berjumlah 34 siswa yang terdiri atas 20 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Dalam penelitian ini data yang diperoleh berupa aktivitas dan hasil belajar siswa yang diperoleh dari penerapan pembelajaran kooperatif model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition). Instrumen yang digunakan yaitu soal tes lembar observasi pedoman wawancara dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIIID. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan persentase aktivitas siswa ketika kerja kelompok pada siklus I dengan rata-rata 63 07% dan meningkat menjadi 87 91% pada siklus II persentase aktivitas siswa ketika presentasi siklus I sebesar 55 15% dan meningkat menjadi 72 06% pada siklus II. Rata-rata hasil belajar siswa pada pratindakan sebesar 59 56 meningkat menjadi 68 35 pada siklus I dan 76 29 pada siklus II. Selain itu ketuntasan klasikal siswa juga meningkat mulai dari 50% pada pratindakan meningkat menjadi 67 65% pada siklus I dan 88 24% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran CIRC dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa siswa kelas VIII D SMP Negeri 2 Balerejo. Guru matapelajaran IPS Geografi disarankan menerapkan model CIRC sebagai model pembelajaran alternatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Adapun peneliti lain diharapkan melakukan penelitian lanjutan yang sejenis untuk KD dan sekolah yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52783

Actions (login required)

View Item View Item