Evaluasi terhadap rencana pelaksanaan pembelajaran geografi guru SMP NEGERI se-kota Probolinggo / Denny Tulus Saputra - Repositori Universitas Negeri Malang

Evaluasi terhadap rencana pelaksanaan pembelajaran geografi guru SMP NEGERI se-kota Probolinggo / Denny Tulus Saputra

Saputra, Denny Tulus (2010) Evaluasi terhadap rencana pelaksanaan pembelajaran geografi guru SMP NEGERI se-kota Probolinggo / Denny Tulus Saputra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Saputra Denny Tulus. 2009. Evaluasi terhadap Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Geografi Guru SMP Negeri se-Kota Probolinggo. Skripsi Jurusan Pendidikan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Edy Purwanto M.Pd (II) Drs. Sudarno Herlambang M.Si. Kata Kunci evaluasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) geografi SMP Perencanaan pembelajaran berperan penting dalam keberhasilan pelaksanaan pembelajaran. Salah satu variabel dalam perencanaan pembelajaran adalah penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). RPP yang baik akan memudahkan guru dalam melaksakanan proses pembelajaran secara teratur dan efektif sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Oleh karena itu guru dituntut untuk memahami berbagai aspek yang berkaitan dengan penyusunan RPP agar dapat membuat RPP yang baik. Berdasarkan observasi masih terdapat kesulitan dalam penyusunan RPP. Komponen-komponen RPP yang disusun ada yang berkategori kurang jika merujuk pada panduan penilaian RPP. Selain itu penyusunan RPP ini cenderung bersifat hanya sebagai formalitas bukan menjadi komponen utama yang digunakan sebagai acuan kegiatan pembelajaran. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang kurang baik menyebabkan pelaksanaan pembelajaran yang kurang teratur dan kurang efektif. Hal ini menyebabkan nilai siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu khususnya Geografi berada di bawah rata-rata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelemahan RPP Geografi mengetahui kesulitan-kesulitan dan hambatan-hambatan yang dialami guru geografi dalam menyusun RPP serta untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan guru geografi SMP Negeri se-Kota Probolinggo dalam mengatasi kesulitan-kesulitan dan hambatan-hambatan yang dialami dalam menyusun RPP. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah guru geografi (guru yang memberikan materi Geografi kepada siswa dalam pembelajaran di kelas) di SMP Negeri se-Kota Probolinggo yang berjumlah 18 orang. Sampel dalam penelitian ini guru geografi yang berlatarbelakang pendidikan Geografi dari tiap-tiap SMP Negeri yang ada di Kota Probolinggo. Instrumen penelitian yang digunakan adalah panduan penilaian RPP merujuk pada rambu-rambu penilaian RPP yang diadaptasi dari IPKG (Instrumen Penilaian Kinerja Guru). Penelitian ini juga menggunakan angket yang jenisnya semi terbuka. Analisis hasil penelitian yang digunakan untuk menyimpulkan data adalah dengan menggunakan statistika deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) guru Geografi SMP Negeri se-Kota Probolinggo telah menggunakan format RPP yang baik yaitu format RPP 1 menurut Muslich (2007) (2) RPP Geografi yang telah dievaluasi memiliki kelemahan pada komponen alokasi waktu indikator sumber/media pembelajaran penilaian. Komponen-komponen RPP tersebut memiliki kualifikasi cukup (3) Kesulitan-kesulitan yang dialami guru geografi dalam menyusun RPP yaitu kurangnya pengetahuan mengenai penyusunan RPP Geografi yang baik kesulitan dalam membuat rubrik penilaian sulit dalam memilih metode pembelajaran yang bisa diterapkan kepada siswa karena siswa tidak memiliki buku panduan yang memadai kesulitan dalam pencantuman sumber/media pembelajaran di RPP karena sumber/media pembelajaran yang tersedia di sekolah terbatas kesulitan dalam menyesuaikan alokasi waktu yang tersedia dengan materi pembelajaran dan metode pembelajaran yang digunakan. Sedangkan hambatan-hambatan yang dialami guru geografi dalam menyusun RPP yaitu adanya kegiatan lain yang harus dikerjakan sehingga penyusunan RPP menjadi terhambat/kurangnya waktu untuk penyusunan RPP terhambatnya penyusunan RPP karena banyaknya materi pembelajaran yang akan disajikan kepada siswa sehingga harus dilakukan pembagian materi pembelajaran terlebih dahulu (4) Guru geografi telah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi kesulitan-kesulitan dalam menyusun RPP diantaranya pada MGMP sekolah MGMP kota workshop maupun secara pribadi melalui literatur internet bertanya kepada yang lebih berpengalaman/senior. Belum ada upaya untuk mengatasi hambatan yang dialami dalam menyusun RPP Geografi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52780

Actions (login required)

View Item View Item