Peningkatan prestasi dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi melalui penerapan pendidikan berorientasi kecakapan hidup ( life skill education ) di SMUN I Bangkalan oleh Hafidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan prestasi dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi melalui penerapan pendidikan berorientasi kecakapan hidup ( life skill education ) di SMUN I Bangkalan oleh Hafidah

Hafidah (2009) Peningkatan prestasi dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi melalui penerapan pendidikan berorientasi kecakapan hidup ( life skill education ) di SMUN I Bangkalan oleh Hafidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Flampir semua siswa beranggapan bahwa geografi adalah pelajaran yang membosankanI.I al ini menyebabkan rendabnya motivasi belajar siswa yang nantinyaa kanb erpengaruhte rhadapp restasib elajar siswa.K eadaans epertii ni akan diperbaiki dengan penerapan pendidikan berorientasi kecakapan hidup pada setiap pembelajarang eografi. Penelitian ini dilaksanakand i SMUN I Bangkalan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa melalui penerapanp endidikan berorientasi kecakapanh idup. Penelitian dilaksanakanp ada bulan Desember 2003 sampai bulan Januari 2004. Tujuan dari Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan pendidikan berorientasi kecakapan hidup pada prestasbi elajard an motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siHus dengan duakali pertemuan setiap siklusnya. Subyekp enelitiani ni adalahs iswak elas tr-2 SMUN I Bangkalan.U ji hipotesisu ntuk prestasbi elajar siswa adalah menggrmakanu ji t (t-test). Uji t disini menggunakan analisisk omputers ehinggat dapatl angsungd iketahui yalrt r4 249 denganp 0.000. karenap sangats igrifikan maka It ditolak dan Hr diterima dengank ata lain bahwa penerapanp endidikan berorientasi kecakapanh idup dapat meningkatkanp restasi belajar siswa.Begitu juga dengan motivasi belajar siswa terjadi peningkatan yang signifikan. Rata-rata motivasi awal siswa adalahl 12 98 dan rata-rata motivasi akhir siswaa dalah1 58 34.H al ini dapatd ilihat dalam grafik peningkatanm otivasi belajar siswa. Peningkatan motivasi belajar siswa diiringi dengan peningkatan prestasi belajars iswak arenap enerapanp endidikanb erorientasik ecakapanh idup.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Dec 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52769

Actions (login required)

View Item View Item