Meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII F melalui pembuatan majalah dinding (mading) pada pembelajaran pranata sosial dan penyimpangannya di SMP Negeri 4 Malang / Nurdina Astari - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII F melalui pembuatan majalah dinding (mading) pada pembelajaran pranata sosial dan penyimpangannya di SMP Negeri 4 Malang / Nurdina Astari

Astari, Nurdina (2010) Meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII F melalui pembuatan majalah dinding (mading) pada pembelajaran pranata sosial dan penyimpangannya di SMP Negeri 4 Malang / Nurdina Astari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nurdina Astari. 2009. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII F Melalui Pembuatan Majalah Dinding (Mading) di SMP Negeri 4 Malang. Skripsi Jurusan Geografi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Edy Purwanto M.Pd (II) Drs. Yusuf Suharto Kata Kunci Majalah Dinding Hasil Belajar Berdasarkan pengamatan yang dilakukan di SMP Negeri 4 Malang diketahui bahwa dalam pembelajaran geografi guru menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Guru kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk berdiskusi dengan temannya belajar menyampaikan pendapat dan menghargai pendapat temannya sehingga siswa terlihat sangat pasif. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas VIII F SMP Negeri 4 Malang melalui penerapan pembelajaran kooperatif dengan metode pembuatan majalah dinding. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Satu siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Masing-masing pertemuan terdiri dari pertemuan pertama 2 jam pelajaran pertemuan kedua 2 jam pelajaran. Alokasi waktu 1 jam pelajaran terdiri dari 45 menit. Tindakan yang dilakukan yaitu pembelajaran kooperatif dengan metode pembuatan majalah dinding. Langkah-langkah metode pembelajaran pembelajaran pembuatan mading yaitu (1) Siswa membentuk kelompok yang terdiri dari 6 orang (2) Dalam setiap kelompok menentukan ketua kelompok dan anggota serta presentator (3) Kemudian siswa membuat mading dengan tema yang berbeda di setiap kelompok (4) Setiap kelompok mempresentasikan hasil karyanya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi analisis responsifitas dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat dari sebelum tindakan ke siklus I dan ke siklus II. Kondisi awal hasil belajar siswa mendapat nilai rata-rata 69 dengan ketuntasan belajar siswa yaitu 30%. Pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 80 dengan ketuntasan belajar siswa 86%. Pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa semakin meningkat yaitu 82 dengan ketuntasan belajar siswa 92. Adapun saran yang diberikan yaitu (1) Bagi guru geografi disarankan untuk menggunakan metode pembelajaran pembuatan majalah dinding ini (2) Guru hendaknya melakukan manajemen waktu dan guru harus mampu mengelola kelas dengan baik agar tidak terjadi kegaduhan selama proses pembelajaran berlangsung (3) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian sejenis dalam rangka memperbaiki kualitas pembelajaran kooperatif dengan metode pembuatan majalah dinding ini dengan subjek penelitian yang berbeda. i

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52766

Actions (login required)

View Item View Item