Penerapan model pembelajaran peta pikiran (mind mapping) untuk mencapai ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran IPS geografi kelas VII-3 SMP unggulan Darul 'Ulum 1 Peterongan Jombang dengan materi kondisi geografis dan penduduk / Ethika Tri Widyastuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran peta pikiran (mind mapping) untuk mencapai ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran IPS geografi kelas VII-3 SMP unggulan Darul 'Ulum 1 Peterongan Jombang dengan materi kondisi geografis dan penduduk / Ethika Tri Widyastuti

Widyastuti, Ethika Tri (2009) Penerapan model pembelajaran peta pikiran (mind mapping) untuk mencapai ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran IPS geografi kelas VII-3 SMP unggulan Darul 'Ulum 1 Peterongan Jombang dengan materi kondisi geografis dan penduduk / Ethika Tri Widyastuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Widyastuti Ethika Tri. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Peta Pikiran (Mind Mapping) Untuk Mencapai Ketuntasan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Geografi Kelas VII-3 SMP Unggulan Darul Ulum 1 Peterongan Jombang Dengan Materi Kondisi Geografis dan Penduduk. Skripsi Jurusan Pendidikan Geografi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd (II) Drs. Dwiyono Hari Utomo M.Pd. M.Si Kata kunci peta pikiran ketuntasan belajar. Hasil observasi pada tanggal 5 April 2009 menunjukkan bahwa menurut data kelas (sekolah) sebagian besar siswa (75%) tidak dapat memahami materi pelajaran Geografi dikarenakan kurangnya pemahaman dan minat pada pelajaran Geografi. Artinya dari 28 siswa yang ada di kelas VII-3 SMP Unggulan Darul Ulum 1 tersebut 75% (sekitar 20 siswa) diantaranya belum mencapai SKM yang ditentukan oleh sekolahan yaitu 72. Oleh karena itulah penelitian ini dilakukan oleh peneliti untuk menerapkan model pembelajaran peta pikiran dalam rangka mencapai ketuntasan belajar. Sesuai dengan program studi peneliti yaitu pendidikan Geografi maka penelitian ini dikhususkan pada mata pelajaran Geografi yang akan diterapkan pada siswa kelas VII-3 di SMP Unggulan Darul Ulum 1 Peterongan Jombang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketuntasan belajar siswa kelas VII-3 SMP Unggulan Darul Ulum 1 Peterongan Jombang melalui model pembelajaran peta pikiran (mind mapping). Untuk mencapai maksud tersebut maka penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII-3 SMP Unggulan Darul Ulum 1 Peterongan Jombang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes observasi catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran peta pikiran (mind mapping) dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan ketuntasan belajar siswa pada siklus 1 meningkat yaitu sebelum tindakan 46 43% dan sesudah diberi tindakan menjadi 82 14% begitu juga dengan siklus 2 sebelum diberi tindakan 67 85% dan sesudah diberi tindakan 92 86%. Jadi ketuntasan belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2 meningkat sebesar 10 72%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran peta pikiran (mind mapping) dapat mencapai ketuntasan belajar siswa SMP Unggulan Darul Ulum 1 Peterongan Jombang pada mata pelajaran IPS Geografi dengan materi kondisi Geografis dan Penduduk. Bagi guru mata pelajaran Geografi disarankan menggunakan model pembelajaran peta pikiran (mind mapping) sebagai variasi dalam mengajar karena model pembelajaran ini terbukti dapat mencapai ketuntasan belajar siswa. Sedangkan bagi peneliti selanjutnya disarankan dapat lebih memodivikasi dan mengembangkan model peta pikiran (mind mapping) agar lebih menarik untuk dipelajari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Oct 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52763

Actions (login required)

View Item View Item