Bu Nyai sebagai agensi pendidikan luar sekolah: studi kasus Ibu Nyai Utin Nurul Hidayati dalam pembentukan karakter santri Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang (LTPLM) / Nurul Faizah - Repositori Universitas Negeri Malang

Bu Nyai sebagai agensi pendidikan luar sekolah: studi kasus Ibu Nyai Utin Nurul Hidayati dalam pembentukan karakter santri Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang (LTPLM) / Nurul Faizah

Faizah, Nurul (2017) Bu Nyai sebagai agensi pendidikan luar sekolah: studi kasus Ibu Nyai Utin Nurul Hidayati dalam pembentukan karakter santri Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang (LTPLM) / Nurul Faizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Faizah Nurul. 2017. Bu Nyai sebagai Agensi Pendidikan Luar Sekolah Studi Kasus Ibu Nyai Utin Nurul Hidayati dalam Pembentukan Karakter Santri Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang (LTPLM). Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Supriyono M.Pd (II) Dr. Ellyn Sugeng Desyanty S.Pd M.Pd. Kata Kunci bu nyai karakter santri lembaga tinggi pesantren luhur malang pendidikan luar sekolah. Pesantren Kiai dan keluarganya merupakan komponen utuh yang tidak boleh dipisah pemaknaannya. Ketiganya saling berkaitan erat dalam hal mengemban amanat sebagai agen perubahan sosial dimana keterkaitan tersebut menjadikan ketiga komponen menarik untuk dikaji menggunakan kajian pendidikan luar sekolah. Terutama disebabkan karena seluruh kegiatan di pesantren dilaksanakan di luar sistem persekolahan. Sehingga Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menemukenali peran Bu Nyai Utin Nurul Hidayati sebagai tokoh utama agensi pendidikan luar sekolah di Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang (LTPLM) dengan penemukenalan mendalam mengenai proses pembentukan karakter santri yang tinggal di dalamnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif jenis studi kasus. Peneliti bertindak sebagai pengumpul data dan instrumen penelitian dengan wawancara secara mendalam oleh peneliti kepada seluruh informan. Penelitian ini berlokasi di Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang. Sumber data penelitian ini adalah pengasuh LTPLM ketua yayasan putra Bu Nyai dan beberapa santri yang dekat dengan Bu Nyai. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini digunakan triangulasi sumber dan teknik dengan analisis teks dan bahasa. Membahas mengenai kegiatan pendidikan di LTPLM secara umum dengan keterkaitan Bu Nyai di dalamnya. Penelitian ini mengungkapkan peranan-peranan Bu Nyai dalam LTPLM diantaranya Bu Nyai sebagai role model bagi santri LTPLM Bu Nyai sebagai penjaga tradisi pesantren Bu Nyai sebagai manajer dapur pesantren dan Bu Nyai sebagai tempat konsultasi santri. Penelitian ini mengungkapkan bahwa Bu Nyai berperan penting dalam pembentukan karakter santrinya. Sebagai model utama di dalam pesantren segala perilaku Bu Nyai diperhatikan selurunya kemudian diamati dipahami dan dipraktekkan dalam kehidupan masing-masing santri yang kemudian mengubah pola pikir sampai dengan sifat dan sikap santri kepada lingkungannya. Ini menjadi bukti bahwa Bu Nyai berperan aktif sebagai agensi atau wakil pendidikan luar sekolah dalam mendemonstrasikan perilaku baik melalui kebiasaan-kebiasaannya. Pada penelitian ini menyimpulkan bahwa seluruh peranan Bu Nyai yang dilakukan adalah bentuk dari sosok agen pembelajar pendidikan luar sekolah. Pada penelitian selanjutnya peneliti menyarankan agar tidak terburu-buru dan meneliti secara teliti dan seksama dalam penemukenalan karakter maupun peranan pendidik luar sekolah pada umumnya dan pendidik di dunia kepesantrenan khususnya. ABSTRACT Faizah Nurul. 2017. Bu Nyai as A Nonformal Education Agency Case Study of Nyai Utin Nurul Hidayati to Form Character of Santri in Islamic Boarding School Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang (LTPLM). Sarjana s Thesis Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Supriyono M.Pd (II) Dr. Ellyn Sugeng Desyanty S.Pd M.Pd. Kata Kunci bu nyai santri s character lembaga tinggi pesantren luhur malang nonformal education. Pesantren Kiai and his family are intact components that should not be separated meaning. All three are closely related in terms of carrying out the mandate as the agent of social change in which the relevance makes the three interesting components to be studied using the study of off-school education. Mainly because all activities in boarding schools are implemented outside the school system. Thus this study was conducted with the aim of identifying the role of Mrs. Nyai Utin Nurul Hidayati as the main character of the non-formal educational agency at Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang (LTPLM) with an in-depth introduction of the process to form character of santri who live in there. This research used qualitative research methods with case study type. Researchers act as data collectors and research instruments with in-depth interviews by researchers to all informans. This research is located in Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang. The source of this research data is the caregivers of LTPLM chairman of the institute Nyai s son and daughter and some santri that closed with Nyai. Data validity checking in this study used triangulation of sources and techniques with text and language analysis. This research discussing the general educational activities in LTPLM with Nyai s relationship in it. This research reveals the roles of Nyai in LTPLM such as Nyai as the role model for santri LTPLM Nyai as the guardian of pesantren tradition Nyai as the manager of pesantren kitchen and Nyai as santri s consultant. This research reveals that Nyai plays an important role in the formation of her santri character. As the main model in pesantren all of Nyai s behavior and all of her performances are observed by the entire santri in LTPLM understood and practiced in the life of each santri whose change the mindset up to their own life with santri s attitude to their environment. This proves that Nyai plays an active role as an agency or representative of non-formal education in demonstrating good behavior through his habits. In this study concluded that the whole role done by Nyai are a form of figure of the learner non-formal education agency. In subsequent research the researcher suggested that not to be in a rush and examine carefully and thoroughly in observe the characters or the role of educators in non-formal education in general and educators in the world of kepesantrenan (islamic boarding school) in particular

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5276

Actions (login required)

View Item View Item