Analisis buku teks geografi SMA kelas X semester II pada materi atmosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi / Nurul Chusnah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis buku teks geografi SMA kelas X semester II pada materi atmosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi / Nurul Chusnah

Chusnah, Nurul (2009) Analisis buku teks geografi SMA kelas X semester II pada materi atmosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi / Nurul Chusnah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ketergantungan seorang guru terhadap buku teks yang tujuannya untuk menunjang proses pembelajaran agar berlangsung lancar terjadi pada semua mata pelajaran begitu juga dengan mata pelajaran Geografi. Ketergantungan buku teks tersebut terjadi di semua tingkatan pendidikan. Selain menunjang proses pembelajaran buku teks juga dapat membantu ketercapaian siswa terhadap kompetensi-kompetensi yang telah ditetapkan. Hal ini sesuai dengan pernyataan Zevin (dalam Purwanto 2001 1) yang menyatakan para guru IPS pada umumnya bergantung pada buku teks sebagai bagian utama pengajaran mereka. Walaupun para guru termasuk guru Geografi sangat bergantung pada buku teks kondisi buku teks yang ada belum menunjukkan buku yang berkualitas . Selain guru siswa juga membutuhkan buku teks dalam setiap kegiatan pembelajarannya. Tujuannya adalah untuk menambah penjelasan yang tidak ia diperoleh dari guru pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung di sekolah. Untuk mengungkapkan kualitas dari buku teks khususnya untuk buku teks Geografi SMA maka penelitian ini merumuskan masalah sebagai berikut. (1) bagaimana kebenaran konsep materi Atmosfer (2) bagaimana kesesuaian isi materi yang terdapat dalam materi Atmosfer dengan kurikulum yang berlaku (3) bagaimana kebenaran bahasa dalam materi Atmosfer (4) bagaimana fungsi gambar yang terdapat dalam materi Atmosfer . Berdasarkan pada rumusan masalah tersebut maka tujuannya adalah untuk mengetahui kebenaran konsep kesesuaian isi materi dengan kurikulum kebenaran bahasa dan fungsi gambar yang terdapat pada materi Atmosfer. Penelitian ini termasuk penelitian analisis isi. Prosedur yang digunakan untuk mendapatkan data dalam penelitian ini adalah (1) identifikasi buku-buku teks Geografi SMA kelas X semester II yang banyak digunakan SMU negeri di Kota Malang dengan tujuan untuk menentukan objek penelitian (2) menyusun beberapa intrumen yang dijadikan sebagai alat bantu dalam penelitian (3) melakukan analisis teks. Instrumen yang digunakan untuk mendapatkan data berupa pedoman analisis. Data yang telah dikumpulkan kemudian dikelompokkan dan dideskripsikan. Hasil analisis terhadap kebenaran konsep dalam materi Atmosfer yaitu ditemukan sebanyak 57 konsep atau sebesar 58% tergolong sebagai konsep yang benar dimana sebanyak 45 konsep termasuk dalam konsep terdefinisi dan sebanyak 12 konsep termasuk dalam konsep konkrit. Hasil analisis terhadap kesesuaian isi materi Atmosfer dengan kurikulum yaitu ditemukan sebanyak 5 sub materi atau sebesar 83% dari keseluruhan sub materi dalam materi Atmosfer yang berjumlah 6 sub materi. Hasil analisis terhadap kebenaran bahasa dalam materi Atmosfer yaitu ditemukan sebanyak 38 kalimat atau sebesar 41% yang tergolong sebagai kalimat yang benar dari keseluruhan kalimat yang berjumlah 92 kalimat. Hasil analisis terhadap gambar-gambar dalam materi Atmosfer yaitu ditemukan sebanyak 15 gambar atau sebesar 60% yang berfungsi sebagai ilustrasi saja dari keseluruhan gambar yang terdapat pada materi Atmosfer yang berjumlah 25 gambar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa konsep-konsep dalam materi Atmosfer didominasi oleh konsep terdefinisi yang termasuk dalam konsep yang benar karena sesuai dengan buku acuan kebenaran konsep dalam materi Atmosfer tergolong cukup. Konsep konkrit yang terdapat dalam materi Atmosfer kebanyakan tergolong sebagai konsep yang tidak benar karena konsep-konsep tersebut didefinisikan. Kesesuaian isi materi Atmosfer dengan kurikulum tergolong tinggi. Kebenaran bahasa pada materi Atmosfer tergolong rendah. Gambar-gambar yang terdapat pada materi Atmosfer berfungsi sebagai ilustrasi saja. Berdasarkan pada hasil penelitian yang diperoleh maka ada beberapa saran yang diberikan kepada beberapa pihak yaitu (1) kepada guru sebaiknya sebelum mempergunakan buku teks haruslah ditelaah terlebih dahulu mengenai penyajian konsep dan penggunaan bahasa yang terdapat dalam buku teks tersebut (2) kepada pengarang buku sebaiknya memperhatikan beberapa hal yang berkaitan dengan kesempurnaan buku yaitu dalam hal penyajian materi-materi dan penggunaan bahasa buku.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52744

Actions (login required)

View Item View Item