Fauziah, Neneng (2009) Penerapan portofolio untuk meningkatkan pemahaman dan aktifitas siswa pada mata pelajaran IPS geografi siswa kelas VII SMP Ngeri 1 Singosari / Neneng Fauziah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Fauziah Neneng. 2008. Penerapan Portofolio untuk Meningkatkan Pemahaman dan Aktivitas Siswa pada Mata Pelajaran IPS Geografi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Singosari. Skripsi Jurusan Geografi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs.Yusuf Suharto (2) Dra. Yuswanti Ariani W M.Si. Kata-kata kunci portofolio pemahaman aktivitas belajar Berdasarkan pengamatan dan hasil wawancara dengan guru IPS di SMP Negeri 1 Singosari diperoleh data bahwa pelaksanaan pembelajaran di kelas VII C cukup bervariasi mulai dari metode ceramah kerja kelompok dan penugasan. Penilaian yang dilakukan hanya berupa tes tertulis yang berupa pilihan ganda dan soal uraian. Rata-rata hasil tes kognitif sebesar 50 4 dan 70% siswa belum mencapai KKM mata pelajaran IPS kelas VII yang ditetapkan (KKM 76). Kenyataan ini menunjukkan bahwa tingkat pemahaman siswa masih rendah. Selain itu aktivitas siswa di kelas juga sangat rendah. Hal tersebut terlihat pada saat diskusi hanya sebagian siswa saja yang mengajukan pertanyaan dan siswa yang mengajukan pertanyaan pun cenderung tetap. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan aktivitas siswa kelas VII C di SMP Negeri 1 Singosari pada semester II tahun ajaran 2007/2008. Penelitian dilaksanakan dengan 2 siklus. Instrumen yang digunakan yaitu lembar penilaian portofolio lembar penilaian aktivitas siswa pedoman wawancara lembar observasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1 skor rata-rata portofolio sebesar 8 01 dan meningkat pada siklus 2 menjadi 9 61. Sedangkan skor rata-rata aktivitas siswa pada siklus 1 sebesar 2 59 (cukup aktif) siklus 2 sebesar 3 15 (aktif). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan portofolio dapat meningkatkan pemahaman dan aktivitas siswa pada mata pelajaran IPS Geografi siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Singosari. Peneliti menyarankan (1) portofolio dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif penilaian bagi guru untuk meningkatkan pemahaman dan aktivitas siswa (2) siswa diharapkan lebih mengembangkan pemahaman dan keaktifan siswa dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Jul 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/52741 |
Actions (login required)
View Item |