Pelaksanaan program Kajian Islam Anak Shaleh (KIAS) pada anak usia dini (studi kasus di KB/TK Islam terpadu Robbani Singosari, Malang) / Amir Harianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan program Kajian Islam Anak Shaleh (KIAS) pada anak usia dini (studi kasus di KB/TK Islam terpadu Robbani Singosari, Malang) / Amir Harianto

Harianto, Amir (2017) Pelaksanaan program Kajian Islam Anak Shaleh (KIAS) pada anak usia dini (studi kasus di KB/TK Islam terpadu Robbani Singosari, Malang) / Amir Harianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Harianto Amir. 2017. Pelaksanaan Program Kajian Islam Anak shaleh (KIAS) Pada Anak Usia Dini (Studi Kasus Di KB/TK Islam Terpadu Robbani Singosari Malang). Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. Sri Wahyuni S. Pd M.Pd. (II) Drs. Imam Hambali M. Pd. Kata Kunci Anak Usia Dini Program KIAS nilai agama Islam Pelaksanaan pembelajaran program Kajian Islam Anak Shaleh (KIAS) adalah program pembelajaran yang menekankan pada penanaman nila-nilai keagamaan pada anak usia dini dan juga untuk membentuk karakter anak yang shaleh dan shalehah. Berkaitan dengan hal tersebut penelitian ini difokuskan pada bagaimana pelaksanaan program Kajian Islam Anak shaleh (KIAS) pada anak usia dini di KB/TK Islam Terpadu Robbani Singosari Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi wawancara dan studi dokumentasi.. Kegiatan analisis data dimulai dari pengumpulan data reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber dan metode Hasil penelitian sebagai berikut (1) strategi pelaksanaan program KIAS pada anak usia dini meliputi a) pengelompokan peserta didik yang dilakukan dengan membentuk kelompok-kelompok kecil sesuai dengan kelompok pembelajaran sentra untuk memudahkan tugas pendidik dan memudahkan peserta didik mengingat kelompoknya masing-masing b) penyiapan materi dibagi menjadi empat jenis materi yang meliputi terjemahan surat pendek adab keseharian shiroh nabi dan ibadah c) penentuan pendidik pendidik pada program KIAS ditentukan berdasarkan tingkat pembinaan yang sudah diikuti dalam arti memiliki wawasan yang luas dalam keislaman (2) kegiatan pembelajaran program KIAS meliputi a) proses pelaksanaan dalam proses pelaksanaannya meliputi pembukaan kegiatan inti dan penutup. Pada tahap pembukaan diisi dengan salam doa dan tepuk-tepuk pada kegiatan inti yaitu pendidik menceritakan materi dan peserta didik mendengarkan pada tahap akhir penutup pendidik akan bertanya pada peserta didik tentang materi yang sudah diceritakan. b) tempat pelaksanaan di lakukan di masjid perpustakaan dan ruang kelas dan c) model pembelajaran program KIAS menggunakan model pembelajaran klasikal karena mudah diterima dan efisien waktu. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka disarankan (1) Lembaga PAUD Robbani lebih mengoptimalkan program KIAS seperti membuat media penunjang proses pembelajaran (2) pendidik tidak hanya menyampaikan materi dengan ceramah dan bercerita akan tetapi dilengkapi dengan memperagakan (3) penelitian lebih lanjut dapat menindak lanjuti penelitian ini yang berkaitan tentang model pembelajaran klasikal pada program KIAS di Lembaga PAUD Robbani.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5274

Actions (login required)

View Item View Item