Studi kasus anak putus sekolah di Kecamatan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi / Reni Purwati - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi kasus anak putus sekolah di Kecamatan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi / Reni Purwati

Purwati, Reni (2010) Studi kasus anak putus sekolah di Kecamatan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi / Reni Purwati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Purwati Reni. 2009. Studi Kasus Anak Putus Sekolah di Kecamatan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi. Skripsi Jurusan Pendidikan Geografi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Edy Purwanto M.Pd. dan (II) Drs. Hendri Purwito M. Si. Kata Kunci Studi Kasus Anak Putus Sekolah. Nilai APK Kecamatan Kalipuro SD/MI tahun 2007/2008 sebesar 94 61% dan APM SD/MI tahun 2007/2008 sebesar 82 98% serta APK SMP/MTs tahun 2007/2008 sebesar 71 10% APM SMP/MTs tahun 2007/2008 sebesar 49 60%. Ternyata nilai APK dan APM Kecamatan Kalipuro tersebut menujukkan bahwa masih banyak anak yang tidak bersekolah dalam artian putus sekolah dan tidak melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. Kecamatan Kalipuro memiliki 31 Sekolah Dasar (SD) dan 9 Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang letaknya memusat di kecamatan. Kecamatan Kalipuro tidak memiliki Sekolah Menengah Atas (SMA) maka anak-anak untuk melanjutkan Sekolah harus ke Kota Banyuwangi. Oleh karena itu kasus anak putus sekolah tersebut perlu diteliti untuk diidentifikasi faktor penyebabnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab kasus anak putus sekolah di Kecamatan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif yang menggunakan pendekatan ekploratif. Data penelitian kuantitatif dalam penelitian ini adalah faktor penyebab kasus anak putus sekolah di Kecamatan Kalipuro yang dihitung dari persentase jumlah anak putus sekolah. Data penelitian dikumpulkan dengan instrumen yang berupa pedoman wawancara. Data penelitian yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis dengan teknik persentase. Hal ini sesuai dengan tujuan penelitian. Jadi sumber data primer dalam penelitian ini adalah anak putus sekolah di SD SMP SMA dan anak yang tidak melanjutkan di SMP SMA dan Perguruan Tinggi. Subjek penelitian dipilih 12 anak dengan rincian 2 anak putus sekolah di SD 2 anak putus sekolah di SMP 2 anak putus sekolah di SMA 2 anak tidak melanjutkan sekolah di SMP 2 anak tidak melanjutkan sekolah di SMA dan 2 anak tidak melanjutkan di Perguruan Tinggi. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa faktor penyebab anak putus sekolah di Kecamatan Kalipuro adalah kasus sosial-ekonomi orang tua yang masih rendah jauhnya jarak sekolah dengan tempat tinggal yang disebabkan oleh fasilitas belajar yang minim dan faktor lainnya yakni ketiadaan sekolah budaya dan fisik atau kesehatan yang kurang mendukung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52738

Actions (login required)

View Item View Item