Pengaruh perubahan tataguna lahan terhadap debit banjir rancangan di SUB DAS Kasin, Kota Malang / Muhamad Azhari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh perubahan tataguna lahan terhadap debit banjir rancangan di SUB DAS Kasin, Kota Malang / Muhamad Azhari

Azhari, Muhamad (2008) Pengaruh perubahan tataguna lahan terhadap debit banjir rancangan di SUB DAS Kasin, Kota Malang / Muhamad Azhari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Azhari Muhamad. 2008. Skripsi. Pengaruh Perubahan Tataguna Lahan Terhadap Debit Banjir Rancangan di Sub DAS Kasin Kota Malang. Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Pembimbing (1) Drs. Sugeng Utaya M.Si. (2) Drs. Sudarno Herlambang M.Si Kata Kunci Pengaruh Tataguna Lahan Debit Banjir Rancangan subDAS Kasin Perubahan tata guna lahan Daerah Aliran Sungai (DAS) memberikan pengaruh cukup dominan terhadap debit banjir. Fenomena tersebut terjadi di Sub DAS Kasin yang merupakan salah satu wilayah yang dialiri oleh Sungai Kasin di Kota Malang. Hal ini dapat dilihat dari semakin sedikitnya Ruang Terbuka Hijau yang mempunyai fungsi sebagai daerah resapan air hujan. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Mengetahui perubahan tataguna lahan per wilayah administrasi di Sub DAS Kasin selama tahun 1994 sampai dengan tahun 2005 2) Mengetahui perbedaan debit banjir rancangan di Sub DAS Kasin 3) Mengetahui pengaruh perubahan tataguna lahan terhadap debit banjir rancangan di Sub DAS Kasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskripsi kuantitatif sedangkan jenis penelitian ini tergolong penelitian survei. Subjek penelitian adalah debit banjir rancangan dan tataguna lahan selama 1994-2005 di Sub DAS Kasin Kota Malang. Metode menghitung debit banjir rancangan adalah metode rasional. Data yang diperlukan berupa data sekunder meliputi data curah hujan data tata guna lahan dan data topografi. Data curah hujan yang digunakan adalah data curah hujan harian yang tercatat di stasiun Dau stasiun Sarangan Stasiun Kedungkandang. Analisis data meliputi analisis data hujan analisis tataguna lahan analisis pengaruh perubahan tataguna lahan terhadap debit banjir rancangan menggunakan uji statistik regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Perubahan tataguna lahan pada Sub DAS Kasin kota Malang selama tahun 1994 sampai dengan tahun 2005 untuk kawasan terbangun mengalami kenaikan 10 %. Tataguna lahan pertanian dan tata guna lahan rumput/semak mengalami penurunan masing-masing sebesar 65 % dan 10 %. 2) Perubahan debit banjir rancangan pada sub DAS Kasin selama tahun 1994 sampai dengan tahun 2005 mengalami kenaikan sebesar 33 73 %. 3) Peningkatan debit banjir akibat perubahan tataguna lahan didekati dengan model persamaan Y 56 945 0 007.X1 0 007.X2-0 859.X3. Variabel Y adalah debit banjir rancangan sedangkan X1 X2 dan X3 masing-masing adalah luas kawasan terbangun tanah pertanian rumput/semak. Berdasarkan hasil regresi maka tataguna lahan yang paling berpengaruh terhadap debit banjir rancangan Sub DAS Kasin adalah kawasan terbangun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Dec 2008 04:29
Last Modified: 09 Sep 2008 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52727

Actions (login required)

View Item View Item