Aplikasi metode problem solving untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa geografi di SMI Negeri I Paiton / Hendra Pratama - Repositori Universitas Negeri Malang

Aplikasi metode problem solving untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa geografi di SMI Negeri I Paiton / Hendra Pratama

Pratama, Hendra (2010) Aplikasi metode problem solving untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa geografi di SMI Negeri I Paiton / Hendra Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada tanggal 7 dan 14 Januari 2008 di kelas XI-IA3 SMA Negeri I Paiton diketahui bahwa di dalam kegiatan pembelajaran guru telah mengaplikasikan beberapa metode pembelajaran misalnya teknik diskusi tanya jawab demonstrasi dan pemberian tugas di luar kelas tetapi siswa masih terlihat kurang termotifasi sehingga siswa menjadi kurang aktif di dalam kegiatan pembelajaran. Dari 48 orang siswa yang dianggap aktif dalam kegiatan pembelajaran hanya ada 3 orang siswa dan yang kurang aktif hanya 45 orang siswa. Bila ada pertanyaan dari guru hanya 3 orang siswa tersebut yang menjawab sedangkan 45 orang siswa lainnya hanya diam dan ketika guru memberikan kesempatan untuk bertanya kepada siswa jarang sekali ada pertanyaan dari siswa. Situasi ini terjadi karena siswa yang menjawab pertanyaan dianggap oleh siswa lainnya mencari perhatian. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Clasrom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus tindakan setiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan selama 2 jam pelajaran. Subyek penelitian yang digunakan adalah dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu siswa kelas XI-IA2 semester genap tahun ajaran 2006-2007 SMU Negeri I Paiton yang berjumlah 48 siswa terdiri 23 siswa laki-laki dan 25 siswa perempuan. Dalam penelitian ini data yang diperoleh berupa aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas belajar siswa diukur menggunakan deskriptor dimana semua kegiatan siswa dicatat sedangkan hasil belajar siswa diukur berdasarkan selisih tes pada siklus I dengan tes pada siklus II. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes lembar observasi aktivitas siswa dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa adanya peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa XI IA-2 SMU Negeri Paiton ditunjukkan dengan peningkatan rata-rata presentase kerjasama siswa dan keberhasilan tindakan dari 53 84 (kurang) pada siklus I meningkat menjadi 79 95 (baik) pada siklus II. Peningkatan hasil belajar siswa dapat diketahui dari rata-rata selisih skor pre-tes dan pos tes sebesar 18 14 pada siklus I meningkat menjadi 21 12 pada siklus II sedangkan ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 64 11% kemudian meningkat lagi menjadi 92 31% pada siklus II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52718

Actions (login required)

View Item View Item