Karakteristik dan tanggapan wisatawan terhadap daerah tujuan wisata telaga Sarangan Kabupaten Magetan / Toto Wibowo - Repositori Universitas Negeri Malang

Karakteristik dan tanggapan wisatawan terhadap daerah tujuan wisata telaga Sarangan Kabupaten Magetan / Toto Wibowo

Wibowo, Toto (2010) Karakteristik dan tanggapan wisatawan terhadap daerah tujuan wisata telaga Sarangan Kabupaten Magetan / Toto Wibowo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu sector yang memberikan masukan devisa Negara maupun daerah. Parawisata juga mampu menciptakan dan memperluas lapangan kerja meningkatkan pendapatan masyarakat mendorong pelestarian lingkungan dan memperluas wawasan nusantara serta memperkokoh Persatuan dan Kesatuan.Telaga Sarangan merupakan suatu daerah tujuan wisata di kabupaten Magetan yang mempunyai panorama pemandangan alam yang cukup indah sehingga keberadaan Telaga Sarangan dijadikan salah satu obyek wisata andalan Kabupaten Magetan. Penelitian ini dirancang dengan metode survey yang bertujuan untuk mendiskripsikan karakteristik dan tanggapan wisatawan terhadap daya tarik Telaga Sarangan yang berkaitan dengan sapta pesona (Aman Tertib Bersih Sejuk Indah Ramah tamah dan Kenangan) serta sarana dan prasarana pendukung kepariwasataan yang ada di obyek wisata Telaga Sarangan Kabupaten Magetan. Penelitian ini mengambil populasi wistawan yang sedang berkunjung ke Telaga Sarangan berjumlah 100 wisatawan sedangkan pengambilan sampelnya dilakukan dengan memberikan angket kepada para wisatawan dan analisis data menggunkan analisis prosentase dan dijabarkan dengan analisid diskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa para wisatawan yang berkunjung sebagian besar berasal dari daerah-daerah di sekitar Kabupaten Magetan dengan jenis kelamin perempuan. Umur wisatawan terbanyak 19-25 tahun dengan latar belakang pendidikan SMA dengan motivasi berwisata dengan pola berombongan menggunakan kendaraan sewaan dan menghabiskan waktu 1-2 jam untuk berwisata. Untuk kondisi sapta pesona Telaga Sarangan (Aman Tertib Bersih Sejuk Indah Ramah tamah dan Kenangan) menurut wisatawan cukup baik. Kondisi sarana dan prasarana yang ada di obyek wisata Telaga Sarangan menurut wisatawan juga cukup naik sehingga dari hasil penelitian maka perlu peningkatan kondisi sapata pesona dan sarana dan prasarana untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dan menjadikan Telaga Sarangan sebagai daerah tujuan wisata yang banyak diminati pengunjung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52717

Actions (login required)

View Item View Item