Penerapan team assisted individualization (TAI) dalam pembelajaran geografi untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X.6 SMA Negeri 9 Malang / Syarif Hidayatullah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan team assisted individualization (TAI) dalam pembelajaran geografi untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X.6 SMA Negeri 9 Malang / Syarif Hidayatullah

Hidayatullah, Syarif (2009) Penerapan team assisted individualization (TAI) dalam pembelajaran geografi untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X.6 SMA Negeri 9 Malang / Syarif Hidayatullah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalahan penelitian ditemukan bahwa guru geografi kurang bisa mengadaptasi pembelajaran terhadap perbedaan individual berkaitan dengan kemampuan siswa maupun pencapaian siswa. Individualisasi pembelajaran dari tiap kemampuan yang diajarkan sebagian besar tergantung pada kemampuan yang dimilikinya. Berdasarkan observasi awal didapatkan hasil belajar siswa menjadi rendah ketuntasan belajar rendah dan ketika pembelajaran berlangsung siswa ramai berbicara dengan teman dan sering keluar kelas. Sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa perlu adanya penerapan metode lain yang dapat dijadikan alternatif pengganti dari metode ceramah. Penelitian ini mencoba keefektifan dari pembelajaran kooperatif tipe TAI dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif tipe TAI untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2007/2008 pada bulan April 2008. Subjek penelitian adalah siswa kelas X.6 SMA Negeri 9 Malang dengan jumlah siswa 35. Rancangan penelitian ini disusun dalam 2 siklus. Teknik Pengumpulan data dilakukan oleh peneliti melalui kegiatan observasi selama proses pembelajaran berlangsung. Untuk memperoleh data motivasi belajar siswa yang tercermin dari aktivitas siswa pada saat pembelajaran berlangsung menggunakan lembar observasi. Dalam memperoleh data hasil belajar siswa diadakan tes pada setiap akhir siklus. Pendapat dan respon siswa mengenai implementasi pembelajaran yang dilakukan oleh peneliti diperoleh dari hasil angket siswa. Analisis data secara deskriptif. Hasil penelitian siklus I menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan tipe TAI mampu meningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Pada siklus I aktivitas dan keterampilan kooperatif siswa selama proses belajar mengajar berlangsung sebesar 47 57% dengan kategori cukup meningkat pada siklus II menjadi 63 57% dengan kategori baik dan hasil belajar pada siklus I mempunyai rata-rata kelas sebesar 79 43 meningkat pada siklus II menjadi 91 86. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe TAI dalam pembelajaran geografi dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar khususnya di SMA Negeri 9 Malang. Disarankan bahwa guru geografi hendaknya menerapkan tipe TAI dalam pembelajaran geografi sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa di kelas dengan menyesuaikan dengan pokok bahasan kontekstual.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Apr 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52715

Actions (login required)

View Item View Item