Kesiapan guru geografi dalam merancang pembelajaran berdasarkan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) di SMA Negeri Kota Malang / Lastanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Kesiapan guru geografi dalam merancang pembelajaran berdasarkan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) di SMA Negeri Kota Malang / Lastanto

Lastanto (2009) Kesiapan guru geografi dalam merancang pembelajaran berdasarkan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) di SMA Negeri Kota Malang / Lastanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam rangka mempersiapkan sekolah yang mandiri pihak pemerintah/ Diknas telah memberikan otonomi yang luas kepada sekolah untuk mengelola dan mengembangkan kurikulum. Jika meninjau kurikulum sebelumya secara garis besar dimulai dari kurikulum 1975 kurikulum 1984 dan kurikulum 1994 secara substansi tidak terjadi perubahan yang mendasar. Perubahan mendasar terjadi antara kurikulum 1994 menuju kurikulum 2004 dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang menuntut kemandirian guru untuk mengembangkan indikator kompetensi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesiapan guru geografi dalam merencanakan pembelajaran berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di SMA Negeri se-Kota Malang. Penentuan responden dalam penelitian ini menggunakan metode sensus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesiapan guru-guru geografi terhadap (1) pengetahuan tentang konsep KTSP sebagian besar tergolong baik (2) frekuensi keikutsertaan guru dalam mengikuti pelatihan/workshop masih tergolong kurangyaitu baru 39 persen yang sudah mengikuti pelatihan sebanyak 3-4 kali hasil ketercapaian tindak lanjut dari pelatihan juga masih tergolong kurang yaitu baru 39 persen yang baru pada tahap pembahasan penyusunan perangkat pembelajaran (3) kemampuan mengembangkan kompetensi yang meliputi kemampuan memetakan kompetensi dan kemampuan mengembangkan indikator pembelajaran tergolong cukup yaitu 69 persen sebagian besar sudah merumuskan sebagian kompetensi indikator pembelajaran (4) kemampuan menyusun perangkat pembelajaran sebagian besar sudah menyusun secara keseluruhan. Bertitik tolak dari temuan penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa sebagian besar guru-guru geografi di SMA Negeri se-Kota Malang memiliki kesiapan yang baik dalam perencanaan KTSP. Hal yang perlu mendapat perhatian khusus adalah (1) pada aspek pelatihan/workshop KTSP perlu adanya upaya peningkatan dan kontinuitas dari pihak guru dalam mengikuti berbagai pelatihan menyongsong pemberlakuan KTSP (2) kemampuan mengembangkan kompetensi yang merupakan aspek utama pelaksanaan KTSP yaitu kemampuan memetakan kompetensi dan pengembangan indikator pembelajaran belum memadai karena sebagian besar guru-guru geografi di SMA Negeri Malang baru mengembangkan sebagian. Dengan demikian perlu adanya upaya peningkatan dan pengembangan indikator kompetensi pembelajaran secara keseluruhan dari pihak guru dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah sehingga kedepan guru geografi diharapkan sudah siap dalam merencanakan pembelajaran berdasarkan KTSP.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52707

Actions (login required)

View Item View Item