Susanti Ely Setiorini (2009) Penerapan metode problem solving dalam pembelajaran IPS-Geografi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Sriwedari Malang / Susanti Ely Setiorini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Metode pembelajaran yang banyak digunakan di sekolah adalah ceramah tanya jawab dan diskusi kecil sehingga siswa kurang aktif. Kegiatan pembelajaran didominasi oleh guru siswa hanya mencatat apa yang mereka lihat dengar dan baca sehingga hasil belajar siswa kurang maksimal. Untuk mengurangi atau mengatasi hal tersebut diperlukan suatu metode pembelajaran yang dapat melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran. Problem solving merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat melibatkan siswa untuk aktif berpikir bertanya menjawab dan berkomentar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar siswa dengan dterapkannya metode problem solving dalam pembelajaran IPS-Geografi. Jenis penelitian ini adalah Tindakan Kelas yang dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2006/2007 tepatnya pada bulan maret-april 2007. subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIB sebanyak 35 anak terdiri dari 19 putra dan 16 putri. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode problem solving mampu meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 68 77 sedangkan pada siklus II sebesar 75 7 sehingga mengalami peningkatan sebesar 6 93. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode problem solving dalam pembelajaran IPS-Geografi dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya di SMP Sriwedari Malang. Temuan-temuan yang diperoleh adalah sebagai berikut (1) aktivitas siswa dengan penerapan metode problem solving dalam pembelajaran yang berpusat pada aktivitas siswa mengalami peningkatan (2) penerapan metode problem solving dalam pembelajaran dapat meningkatkan daya berpikir siswa. Dari hasil penelitian ini disarankan bahwa guru geografi hendaknya menerapkan metode problem solving dalam pembelajaran IPS-Geografi pada pokok bahasan yang sesuai antara lain unsur sosial wilayah Indonesia dan dinamika penduduk sehingga mengaktifkan siswa. Bagi sekolah diharapkan dapat menciptakan suasana yang kondusif salah satunya dengan menyediakan media pembelajaran berupa OHP dan LCD agar pembelajaran problem solving dapat berlangsung lebih efektif. Bagi peneliti lanjut disarankan untuk menggunakan media yang tepat dan sesuai sebagai pendukung dalam proses pembelajaran agar problem solving dapat terlaksana dengan baik serta mengalokasikan waktu dengan baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Jun 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/52703 |
Actions (login required)
View Item |