Winarni, Titi (2015) Penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) untuk meningkatkan minat belajar IPS-Geografi siswa kelas VIII-D SMP Negeri 1 Soko, Tuban / Titi Winarni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Winarni Titi. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Minat Belajar IPS-Geografi Siswa Kelas VIII- SMP Negeri 1 Soko Kabupaten Tuban. Skripsi Jurusan IPS-Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Sudarno Herlambang M.Pd (2) Dr. Buijanto M.Sos. Kata Kunci Group Investigation (GI) Minat Belajar. 12288 12288 12288 12288 Pelaksanaan pembelajaran kooperatif IPS-Geografi selama ini kurang maksimal dikarenakan kurangnya contoh-contoh real yang dapat diamati oleh siswa. Hal tersebut menjadikan pelajaran IPS-Geografi kurang meninggalkan makna dan manfaat untuk siswa. Guru lebih menugaskan kepada siswa untuk berkelompok dan menugaskan untuk menyampaikan materi di depan kelas. Berdasarkan hasil observasi kurang dari 25% siswa yang ikut aktif dalam diskusi secara bersama-sama di kelas. Saat guru memberikan tugas untuk dikerjakan pada tahap evaluasi siswa kurang fokus dalam mengerjakannya. Hanya 29% siswa yang mengerjakan secara mandiri tanpa bertanya kepada temannya. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti mengambil langkah untuk menerapkan model pembelajaran GI. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran group investigation dapat meningkatkan minat belajar IPS-Geografi siswa kelas VIII-D SMP Negeri 1 Soko. 12288 12288 12288 12288 Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang menuntut peneliti untuk terlibat langsung dalam proses penelitian mulai dari tahap perencanaan penelitian hingga pelaporan data. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi dan penyebaran angket. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII- SMP Negeri 1 Soko dengan jumlah 31 siswa pada KD mendeskripsikan permasalahan lingkungan hidup dan upaya penanggulangannya dalam pembangunan berkelanjutan. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan minat belajar siswa dengan peningkatan sebesar14 65. Saran yang diajukan pada penelitian ini adalah bagi guru atau peneliti selanjutnya yang akan menerapkan model pembelajaran GI sebaiknya mempersiapkan semua tahapan khususnya tahap penyelidikan dengan maksimal. Hal tersebut dikarenakan pada tahap penyelidikan yang dilakukan di luar ruangan membutuhkan pengawasan dan kontrol guru yang lebih banyak daripada di dalam ruangan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Mar 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/52680 |
Actions (login required)
View Item |