Persepsi siswa terhadap pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di SMAN 1 Asembagus Situbondo / Anita Eka Irianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi siswa terhadap pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di SMAN 1 Asembagus Situbondo / Anita Eka Irianti

Anita Eka (2010) Persepsi siswa terhadap pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di SMAN 1 Asembagus Situbondo / Anita Eka Irianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Persepsi Siswa Pembelajaran PKn Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Citizenship Education) merupakan mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan warga negara yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi warga negara yang baik cerdas terampil dan berkarakter yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945. Namun dalam prosesnya hasil survei peneliti baik dari pengalaman sewaktu PPL maupun data-data dari internet selama ini pembelajaran PKn masih bersifat monoton dan kurang menarik. Hai ini disebabkan beberapa kendala antara lain (1) guru mata Pelajaran PKn masih mengalami kesulitan dalam mengaktifkan siswa untuk terlibat langsung dalam proses penggalian dan penelaahan bahan pelajaran (2) sebagian siswa memandang mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sebagai mata pelajaran yang bersifat konseptual dan teoritis (3) praktik kehidupan di masyarakat baik dalam bidang politik ekonomi sosial budaya hukum agama seringkali berbeda dengan wacana yang dikembangkan dalam proses pembelajaran di kelas. Bertolak dari hal tersebut dilakukan penelitian tentang persepsi siswa terhadap pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMAN 1 Asembagus Situbondo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) persepsi siswa terhadap materi pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) yang diajarkan di SMAN 1 Asembagus Situbondo (2) persepsi siswa terhadap metode yang digunakan dalam pembelajaran pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) yang diajarkan di SMAN 1 Asembagus Situbondo (3) persepsi siswa terhadap media yang digunakan dalam pembelajaran pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) yang diajarkan di SMAN 1 Asembagus Situbondo (4) persepsi siswa mengenai sikap guru dalam pembelajaran pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) yang diajarkan di SMAN 1 Asembagus Situbondo (5) persepsi siswa mengenai evaluasi hasil pembelajaran pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) yang diajarkan di SMAN 1 Asembagus Situbondo. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Asembagus. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 11 kelas atau 366 siswa sedangkan sampelnya diambil 6 kelas atau 201 siswa. Rancangan penelitian ini menggunakan jenis pendekatan deskriptif kuantitatif. Data dalam penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen angket tertutup yang kemudian dianalisis dengan menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) sebanyak 57 71% siswa memiliki persepsi yang sangat baik terhadap materi pelajaran Pendidikan i ii Kewarganegaraan(PKn) yang diajarkan di SMAN 1 Asembagus Situbondo dikatakan sangat baik karena siswa menunjukkan persepsi yang sangat baik dari indikator yang sudah ditetapkan dengan tepat dan baik yaitu sangat tertarik sangat senang mempunyai pandangan sangat baik mempunyai penilaian sangat baik berperilaku sangat baik dan sangat antusias (2) sebanyak 47 26% siswa memiliki persepsi yang sangat baik terhadap metode yang digunakan dalam pembelajaran pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) yang diajarkan di SMAN 1 Asembagus Situbondo dikatakan sangat baik karena siswa menunjukkan persepsi yang sangat baik dari indikator yang sudah ditetapkan dengan tepat dan baik yaitu sangat tertarik sangat senang mempunyai pandangan sangat baik mempunyai penilaian sangat baik berperilaku sangat baik dan sangat antusias (3) sebanyak 46 27% siswa memiliki persepsi yang sangat baik terhadap media yang digunakan dalam pembelajaran pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) yang diajarkan di SMAN 1 Asembagus Situbondo dikatakan sangat baik karena siswa menunjukkan persepsi yang sangat baik dari indikator yang sudah ditetapkan dengan tepat dan baik yaitu sangat tertarik sangat senang mempunyai pandangan sangat baik mempunyai penilaian sangat baik berperilaku sangat baik dan sangat antusias (4) sebanyak 47 76% siswa memiliki persepsi yang sangat baik terhadap sikap guru dalam pembelajaran pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) yang diajarkan di SMAN 1 Asembagus Situbondo dikatakan sangat baik karena siswa menunjukkan persepsi yang sangat baik dari indikator yang sudah ditetapkan dengan tepat dan baik yaitu sangat tertarik sangat senang mempunyai pandangan sangat baik mempunyai penilaian sangat baik berperilaku sangat baik dan sangat antusias (5) sebanyak 51 24% siswa memiliki persepsi yang sangat baik terhadap kegiatan evaluasi hasil pembelajaran pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) yang diajarkan di SMAN 1 Asembagus Situbondo dikatakan sangat baik karena siswa menunjukkan persepsi yang sangat baik dari indikator yang sudah ditetapkan dengan tepat dan baik yaitu sangat tertarik sangat senang mempunyai pandangan sangat baik mempunyai penilaian sangat baik berperilaku sangat baik dan sangat antusias. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan supaya guru menjelaskan proses pembelajaran secara lebih baik menyiapkan situasi belajar yang lebih kondusif memberikan petunjuk yang lebih jelas mengenai metode yang digunakan menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi menggunakan media pembelajaran yang tepat sehingga mampu membantu pemahaman siswa memberikan motivasi yang yang lebih besar kepada siswa membuat soal-soal tes yang sesuai dengan kemampuan siswa dan segera memberikan balikan atau hasil belajar kepada siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52647

Actions (login required)

View Item View Item