Pelaksanaan Pembelajaran PPKn Berbasis Konstektual Menyongsong Kurikulum Berbasis Kompetensi Di SMP Sriwedari Malang Oleh Eko Setyowati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan Pembelajaran PPKn Berbasis Konstektual Menyongsong Kurikulum Berbasis Kompetensi Di SMP Sriwedari Malang Oleh Eko Setyowati

Eko (2010) Pelaksanaan Pembelajaran PPKn Berbasis Konstektual Menyongsong Kurikulum Berbasis Kompetensi Di SMP Sriwedari Malang Oleh Eko Setyowati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalahanp endidikan di lndonesia dewasa ini adalatr (l) Bagaimana rnenemukanc ara yang terbaik agar siswa dapat menggunakand an mengin[at lebih lama konsep - konsep yang diajarkan di dalam suatu mata pelajaran lzibalaimana tiap - tiaq mata pelajaran dipahami sebagai bagran yang raling ueriruuungsn dan 3Tb tuk satu pemahaman yang utuh (3) bagaimana seorang guru- dapat berkomunikassi ecarae fektif dengan.siswanyaya ng ielalu bertanyaj tuttyu rcntang alasand ari sesuatua rti dari sesuatud an hubungana ari apa yang merekap elajan (aj dan bagaimana guru dapat membuka wawasan berfikir yang blragam dari ieluruh siswa sehingga dapat membuka berbagai pintu kesempatan saama hidupnya. Pembelajarabne rbasisk ontekstualm erupakans alah satu aitematif untuk mengatasi Tu.ulult tenebut yang sekarang sedang dilaksanakan di sMp Sriwedari aatang khususnyad alam mata pelajaran ppKn. Berawal dari itu penelitian pelaksanaan Pembelajaran PPKn Berbasis Kontekstual Menyongsong rutikulu- Berbasis Kompetensdi i SMP SriwedariM alang dilaksanakan. _ Tujuan dari penelitian ini adalah (l) Untuk mendeskripsikan perencanaan pernbelajaranP Pkn berbasis kontekstual (2) untuk mendeskipsikan pelaksanaan pembelajaran PlKn berbasis kontekstual (3) untuk mendeslripsidn penilaian penbelajaranP PIfu berbasisk ontekstual. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskiptif kualitatif dgean jenis penelitian interaktif di mana yang diteliti di sini uairrun intenksi trrS lqy dengan sisw4-siswa dengan guru dalam proses kegiatan belajar mengajar P.PKru dengan model pembelajaran berbasis koniekstual. Jubyek dalam ry1eli an ini adalah guru ppKn keras III seruruh siswa kelas m d n Kepala sekolah. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitiL- ini adalah angket wawancarao bservasid an dokumentasi.R natisis daa yang aigunaun aaum penelitian ini adalah analisis data kualitatif model interadivl Oiri trrtites Oan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahwa ( 1) Perencanaanp ernbelajarany ang dikerjakan guru sudah sesuai dengan kriteria p rencaruEn pembelajaran berbasis kontekstuayl aitu sudahd inyatakank egiatanu tama pembelajarannyat u juan umum pembelajarannyas k enariot ahap derni tahap kegiatan siswa dan penilaian bsbasis kelas. (2) Pclaksanaan pembelajaran PPKn berbasis kontekstual dengan menggunakanm etode penemurn konsep metode cooperative learning dan teknik pelqorm yang dilakukan dengnn penplolaan kelas yang baik akan mernbantu siswa berfikir lritis serta memberi kesernpatan kepada siswa untuk menyalurkan kemampuannya(.3 ) penilaian berbasisk ontekstrul ysng dilaksanakang um PPKn dilakukans elamad an sesudahp rosesp embelajaranb erlangsungD. alam hal ini yang dinilai adalah a) Penilaian proses dan kinerja b) Parilaian hasil kerja kelompok dan individu serta portofolio yang dibuat siswa. Secara keseluruhan penilaian pcmbclajaran PPKn yang dilaksanakan guru PPKn sudah mcmenuhi kriteria penilaian berbasis kontekstual yaitu bahwa penitaian dilaksanakan selama dan sesudahp rocesp embelajaranb erlangsung b isa digumakanr mtuk formatif mauprm sumatif tugas yang diberikan pada siswa mencerminkan bagran - bagian dalam kehidupans iswas ehari- hari. Berdasarkanh asil penelitian ini dapat disarankank epada guru dan kepala sekolah agar mengembangkan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pernbelajaranb srbasisk ontekstual kargna barryakk eimtungany ang di dapat dalam rangkap eningkatamn utu belajarm engajard anh asilb elajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52622

Actions (login required)

View Item View Item