Pengembangan suplemen animasi berteknologi Augmented Reality (AR) pada modul teknologi jaringan untuk mata kuliah teknologi jaringan / Nia Mega Irawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan suplemen animasi berteknologi Augmented Reality (AR) pada modul teknologi jaringan untuk mata kuliah teknologi jaringan / Nia Mega Irawan

Irawan, Nia Mega (2015) Pengembangan suplemen animasi berteknologi Augmented Reality (AR) pada modul teknologi jaringan untuk mata kuliah teknologi jaringan / Nia Mega Irawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Irawan Nia Mega. 2014. Pengembangan Suplemen Animasi Berteknologi Augmented Reality(AR) Pada Modul Teknologi Jaringan Untuk Mata Kuliah Teknologi Jaringan. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. Sihkabuden M.Pd. (II) Yerry Soepriyanto S.T. M.T. Kata Kunci animasi augmented reality teknologi jaringan Banyaknya penggunaan perangkat mobile smartphone dikalangan mahasiswa dapat digunakan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas dan mencapai tujuan pembelajaran. Hal ini dapat diwujudkan dengan mengkombinasikannya dengan teknologi Augmented Reality (AR). Teknologi Jaringan merupakan salah satu matakuliah berkarya (MKB). Dalam kegiatan perkuliahannya digunakan modul danpowerpoint sebagai sumber belajar serta dalam penyampaiannya digunakan metode ceramah. Kegiatan perkuliahan yang dilakukan dengan menggunakan media pembelajaran dan metode tersebut dirasa kurang memenuhi kebutuhan pebelajar akan tersedianya sumber belajar. Hal ini ditengarai karena pengetahuan awal mahasiswa yang memiliki tingkat heterogenitas tinggi sehingga diperlukan suatu tambahan (suplemen) pembelajaran guna untuk melengkapi kebutuhan mahasiswa akan ketersediaan sumber belajar. Berkaitan dengan itu maka diperlukan pengembangan mengenai suplemen animasi berteknologi Augmented Reality pada modul Teknologi Jaringan. Tujuan dari pengembangan untuk menghasilkan suplemen pembelajaran pada modul berupa animasi berteknologi Augmented Reality yang valid dan efektif untuk kegiatan pembelajaran pada matakuliah Teknologi Jaringan di Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Research and Develpment (R D) hasil adaptasi dari Borg and Gall (1983).Adapun tahapan tersebut antara lain (1) Research Information Collecting (2) Planning (3) DevelopmentPreliminaryFormOfProduct (4) PreliminaryFieldTesting (5) MainProductRevision (6) MainFieldTesting (7) RevisionandFinalProduct. Subjek penelitian dalam validasi yaitu mahasiswa Teknologi Pendidikan angkatan 2012 offering B semester 6 atau yang mengikuti matakuliah Teknologi Jaringan. Jenis Data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Hasil pengembangan suplemen animasi berteknologi Augmented Reality ini memenuhi kriteria valid yakni ahli media 99% ahli materi 88% uji coba lapangan awal 86 60% uji coba lapangan utama 88 17%. Sedangkan pada tes hasil belajar menunjukkan bahwa suplemen ini efektif digunakan dalam pembelajaran dengan perolehan 39 dari 42 mahasiswa atau 90 47% yang telah mencapai KKM. Saran yang diajukan kepada dosen mata kuliah Teknologi Jaringan adalah pada perkuliahan selanjutnya dapat menggunakan suplemen ini sehingga mahasiswa memperoleh sumber belajar yang maksimal. Bagi pengembang selanjutnya agar dalam mengembangkan menyesuaikan dengan tujuanpembelajaran dan karakteristik pebelajar selain hal tersebut disarankan juga untuk memperhatikan komponen-komponen operasional dan tampilannya agar lebih dinamis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/526

Actions (login required)

View Item View Item