Kemitraan orang tua dan lembaga pendidikan dalam pengasuhan anak usia dini berkebutuhan khusus (studi kasus pengasuhan anak hiperaktif di KB dan TKIT Robbani Kec. Singosari Kab. Malang) / Asri Ramadani - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemitraan orang tua dan lembaga pendidikan dalam pengasuhan anak usia dini berkebutuhan khusus (studi kasus pengasuhan anak hiperaktif di KB dan TKIT Robbani Kec. Singosari Kab. Malang) / Asri Ramadani

Ramadani, Asri (2017) Kemitraan orang tua dan lembaga pendidikan dalam pengasuhan anak usia dini berkebutuhan khusus (studi kasus pengasuhan anak hiperaktif di KB dan TKIT Robbani Kec. Singosari Kab. Malang) / Asri Ramadani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ramadani Asri. 2017. Kemitraan Orangtua dan Lembaga Pendidikan dalam Pengasuhan Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus (Studi Kasus Pengasuhan Anak Hiperaktif di KB dan TK Islam Terpadu Robbani Kec. Singosari Kab. Malang). Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hj. Endang Sri Redjeki M. S. (2) Drs. Ahmad Mutadzakir M. Pd. Kata Kunci Pengasuhan orangtua anak usia dini berkebutuhan khusus. Pemilihan pengasuhan yang tepat akan membantu anak usia dini berkebutuhan khusus setingkat lebih maju perkembangannya. Anak berkebutuhan khusus membutuhkan dukungan dari orang-orang terdekatnya seperti di dalam keluarga. Pemberian asah asih asuh kepada anak akan membantu anak lebih mandiri dari yang sebelumnya sehingga pengasuhan orangtua yang didasari dari kondisi anak akan memberikan kekuatan pada anak salah satunya pada perkembangannya. Pengasuhan orangtua tidak lepas dari peranan-peranan orangtua untuk terus memberikan alternatif dukungan berupa terapi memberikan vitamin otak dan tak lepas dari rasa sabar dan menerima kondisi anak. Tidak kalah penting dari peranan orangtua peranan lembaga tempat anak bersekolah juga sangat penting dan menentukan juga dikarenakan anak belajar dan bersosialisasi di sekolah. Peranan lembaga KB dan TK Islam Terpadu Robbani Singosari dalam menangani anak berkebutuhan khusus yaitu dengan membangun hubungan dengan orangtua dan komunikasi yang baik kemudian di lanjutkan dengan memberikan saran terapi tumbuh kembang kepada orangtua selanjutnya lembaga juga memberikan pendampingan khusus dan bimbingan khusus untuk anak berkebutuhan khusus agar perkembangannya seiring dengan usianya. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dirancang dalam bentuk studi kasus dengan mendiskripsikan hasil dari penelitian tersebut. Metode penggalian data yang digunakan adalah teknik wawancara observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis model components of analysis interactive model yang kemudian untuk mengabsahkan data penelitian menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil akhir yang diperoleh dari penelitian yaitu (1) Pengasuhan orangtua terhadap anak usia dini berkebutuhan khusus (a) Pengasuhan sebelum dilakukan terapi tumbuh kembang anak berkebutuhan khusus yaitu orangtua masih belum memahami kondisi anaknya sehingga kerap kali orangtua bertindak keras kepada anaknya (b) Pengasuhan sesudah dilakukan terapi tumbuh kembang anak berkebutuhan khusus yaitu adanya perubahan pengasuhan yang dilakukan orangtua terhadap anaknya dan orangtua menyadari pengasuhan sebelumnya kurang tepat tentunya pengasuhan saat ini berangkat dari kondisi dan kebutuhan anak (2) Peranan orangtua dalam menangani anak berkebutuhan khusus yaitu terus dilakukannya terapi pemberian vitamin otak orangtua berusaha menerima kondisi anak terus mendampingi anak pada pendidikannya seperti memberikan stimulus yang sebelumnya belum dilakukan orangtua dan mengontrol aktifitas berlebih anak pada penggunaan tv dan gadget (3) Peranan lembaga KB dan TK Islam Terpadu Robbani Singosari dalam menangani anak berkebutuhan khusus yaitu membangun hubungan baik dengan orangtua membangun komunikasi dengan orangtua dan juga adanya pendampingan khusus dan bimbingan khusus untuk anak berkebutuhan khusus. Saran dari penelitian ini adalah sebagai berikut (1) untuk jurusan PLS sebagai bahan literatur dalam pengembangan dan memperdalam keilmuan PLS (2) bagi orangtua dan lembaga sebagai tambahan pengetahuan orangtua dan lembaga dalam menangani anak berkebutuhan khusus yang tentunya kedua pihak saling bekerja sama untuk membantu kondisi dari anak berkebutuhan khusus (3) bagi peneliti lain agar mengembangkan hasil penelitian ini diperluas dengan membandingkan dengan lembaga pendidikan lainnya dan bisa juga dari fokus penelitian yang berbeda. ABSTRACT Ramadani Asri. 2017. Partnership of parents and education institution in parenting of disability young children (case study of parenting hyperactive children at KB and TK Islam Terpadu Robbani Kec. Singosari Kab. Malang). Nonformal Education Program Faculty of education State University of Malang. Advisors (1) Dr.Hj. Endang Sri Redjeki M.S. (2) Drs. Ahmad Mutadzakir M.Pd. Keywords parenting young children disability. Selecting of an appropriate parenting will develop the disability of young children. Moreover the disabilities of young children truly need such a support by their closest people especially like in a family. Taking care loving and strengthening their mind will also help them to be more independent therefore the parenting which is appropriate with the children s condition will create the strengthening in their development. Besides the parenting of parents the institution of education is truly significant in determining their improvement. It is happened because they will study and having socialization in that place. The role of institution in solving the disability of young children is by building the good relationship and well-communication which will be developed by giving suggestion as like stimulation therapy for their development and giving special treatment for them. This research approach and belongs to qualitative method which in the form of case-study for describing the finding of the research. Moreover in collecting and completing the data it used some techniques such as the interview observation and documentation as well. Moreover the technique for analyzing the data used the components of analysis interactive model and triangulation technique was used to create the validity of the data. The finding of this research can be formulated as three points (1) there are two main points in parenting of parents for the disability of young children (a) before giving stimulation therapy of parenting which means that most of the parents have no understood their children yet consequently they cannot flexible to treat their children. (b) After giving stimulation therapy there is such a changing in parenting and treating their children which means that the parents treat and understand the children by their condition. (2) The are some roles of parents in solving the disability of young children is doing stimulation therapy continuously consuming vitamin appropriately accepting the children s condition accompanying the children like giving another stimulation therapy and controlling the use of gadget and television for children. (3) The roles of KB and TK Islam Terpadu Robbani Singosari in solving the disability of young children by creating special education and treatment for them. Several suggestions of this research can be formulated as (1) For PLS major it can be a literature in developing PLS knowledge (2) For parents and institution this research can be as an additional information and enrich their knowledge to solve and face the disability of young children hence both of them can create well-cooperation for helping the disability of young children (3) for other researchers they can develop this research finding compare it with other institutions and focus in different research.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5257

Actions (login required)

View Item View Item