Evaluasi kinerja penilik dalam membina program PAUD di Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar / Ni'mathul Rohmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Evaluasi kinerja penilik dalam membina program PAUD di Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar / Ni'mathul Rohmah

Rohmah, Ni'mathul (2017) Evaluasi kinerja penilik dalam membina program PAUD di Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar / Ni'mathul Rohmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rohmah Ni mathul. 2017. Evaluasi Kinerja Penilik dalam Membina Program PAUD di Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Lasi Purwito M. S (II) Sopingi S. Sos M. Pd. Kata Kunci kinerja tugas pokok penilik program PAUD Pendidikan anak usia dini merupakan jenjang pendidikan yang ditujukan untuk anak usia nol hingga enam tahun. Masa ini merupakan masa emas bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Oleh sebab itu peran penilik dalam mengendalikan dan meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini sangat penting. Penilik merupakan jabatan fungsional tenaga kependidikan yang bertugas untuk mengawasi dan membina pelaksanaan program-program pendidikan nonformal di tingkat daerah. Sebagai salah satu tenaga kependidikan pada pendidikan nonformal seorang penilik wajib melaksanakan tugas pokoknya yaitu pengendalian mutu program PAUD. Mencermati perkembangan program PAUD yang terus bermunculan sampai sekarang peneliti menyadari terdapat peran penilik dalam mengendalikan mutu satuan PAUD dan penting untuk mengetahui kinerja atau hasil kerja penilik selama ini. Oleh sebab itu diperlukan pembahasan tentang kinerja penilik tersebut. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan tingkat pencapaian kinerja Penilik PAUD terkait dengan tugas pokoknya di Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Dengan populasi berjumlah 11 orang yang terdiri dari 1 kepala UPTD 1 kepala sekolah TPA dan 9 kepala sekolah KB. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Dan analisis data yang digunakan oleh peniliti adalah teknik analisis statistik deskriptif hasil perhitungan statistik disajikan dalam bentuk tabel frekuensi dan presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja penilik dalam membina program PAUD di Kecamatan Ponggok dinilai sangat baik. Hal ini dilihat dari kinerja penilik dalam merencanakan program pengendalian mutu program PAUD sangat baik kinerja penilik dalam melaksanakan pemantauan program PAUD dinilai sangat baik kinerja penilik dalam melaksanakan penilaian program PAUD dinilai sangat baik kinerja penilik dalam melakukan bimbingan dan pembinaan kepada pendidik dan tenaga kependidikan berdasarkan standar pendidikan dengan sasaran perorangan dinilai baik kinerja penilik dalam menyusun laporan hasil pengendalian mutu program PAUD dinilai sangat baik. Saran penelitian ini bagi penilik untuk terus meningkatkan kompetensi dan kinerjanya dalam melakukan perencanaan pemantauan penilaian pembimbingan dan pelaporan hasil pengendalian mutu agar tujuan dari pengendalian mutu pendidikan pada satuan PNFI yang dibina dapat terealisasikan secara optimal. Bagi pengembang keilmuan Pendidikan Luar Sekolah untuk terus meningkatkan materi atau bahan ajar tentang Pendidikan Luar Sekolah khususnya tentang penilik agar akses mahasiswa PLS untuk mendapatkan referensi tentang pengendalian mutu program dan satuan PLS menjadi lebih mudah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5256

Actions (login required)

View Item View Item