Kepuasan peserta terhadap pelatihan guru pembelajar moda daring kombinasi di pusat pengembangan dan pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan pendidikan kewarganegaraan dan ilmu pengetahuan sosial / Merlinda - Repositori Universitas Negeri Malang

Kepuasan peserta terhadap pelatihan guru pembelajar moda daring kombinasi di pusat pengembangan dan pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan pendidikan kewarganegaraan dan ilmu pengetahuan sosial / Merlinda

Merlinda (2017) Kepuasan peserta terhadap pelatihan guru pembelajar moda daring kombinasi di pusat pengembangan dan pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan pendidikan kewarganegaraan dan ilmu pengetahuan sosial / Merlinda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Merlinda. 2017. Kepuasan Peserta terhadap Pelatihan Guru Pembelajar Moda Daring Kombinasi di PPPPTK PKn dan IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Nurhadi M.Pd. (II) Dr. M.Ishaq M.Pd. Kata Kunci Kepuasan Peserta Pelatihan Tujuan Pelatihan Guru Pembelajar yakni sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi guru PPPKn dan IPS dan untuk menunjang profesionalitasnya sebagai guru. Menggunakan Moda Daring Kombinasi karena sesuai dengan hasil UKG peserta Moda Daring Kombinasi dianggap efektif dengan melakukan pembelajaran virtual selain itu peserta juga melakukan pembelajaran tatap muka dengan mentor/ instruktur. Kepuasan peserta pelatihan yang dimaksud dalam penelitian ini adalah terpenuhinya kebutuhan dan keinginan peserta pelatihan terhadap penyelenggaraan pelatihan guru pembelajar moda daring kombinasi PPPPTK PKn dan IPS Malang terhadap (1) materi pelatihan (2) metode pelatihan (3) fasilitas pelatihan (4) instruktur pelatihan (5) jadwal pelatihan (6) akomodasi dan konsumsi. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Sampel dalam penelitian ini yaitu peserta pelatihan guru pembelajar moda daring kombinasi. Analisis data yang digunakan adalah menggunakan statistik desktiptif yang berupa persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama tingkat kepuasan peserta pelatihan terhadap materi pelatihan tergolong tinggi sebesar 79 0%. Kedua tingkat kepuasan peserta pelatihan terhadap metode pelatihan tergolong tinggi sebesar 76 1%. Ketiga tingkat kepuasan peserta pelatihan terhadap fasilitas pelatihan tergolong tinggi sebesar 71 8%. Keempat tingkat kepuasan peserta pelatihan terhadap instruktur pelatihan tergolong tinggi sebesar 77 2%. Kelima tingkat kepuasan peserta pelatihan terhadap jadwal pelatihan tergolong tinggi sebesar 76 2%. Keenam tingkat kepuasan peserta pelatihan terhadap akomodasi dan konsumsi pelatihan tergolong tinggi sebesar 61 3%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tingkat kepuasan peserta terhadap pelatihan guru pembelajar termasuk dalam klasifikasi tinggi. Kepuasan peserta dapat tercapai secara optimal apabila (1) materi pelatihan mampu memberikan manfaat bagi peserta relefan dengan pekerjaan peserta serta mampu meningkatkan kemampuan peserta terhadap pekerjaannya. (2) metode pelatihan sesuai dengan latar belakang peserta metode pelatihan yang dapat mempermudah peserta dalam penyerapan materi serta metode yang mampu melibatkan peserta dalam proses pembelajaran. (3) alat bantu audio visual efektif fasilitas sesuai dengan kebutuhan serta fasilitas dirasa nyaman. (4) instruktur memiliki kemampuan komunikasi yang baik instruktur menguasai materi dengan baik serta ramah bersikap membantu peserta. (5) pelaksanaan kegiatan tepat waktu sesuai dengan durasi waktu pelatihan serta pelaksanaan sesuai dengan jadwal. (6) makanan yang disajikan selama pelatihan berkualitas menu makanan bervariasi serta lokasi pelatihan mudah diakses. Saran dalam penelitian ini (1) penyelenggara pelatihan diharapkan dapat mempertahankan dan lebih meningkatkan pelayanan untuk mencapai kepuasan peserta yang lebih tinggi. (2) pengelola PPPPTK PKn dan IPS untuk lebih meningkatkan kepuasan peserta sebaiknya meningkatkan pelayanan yang sudah ada menjadi lebih baik lagi. dan (3) Instruktur PPPPTK PKn dan IPS disarankan untuk dapat mempertahankan performa instruktur dalam menyampaikan materi. ABSTRACT Merlinda. 2017. Participant s Satisfaction toward Training on the Combination Daring Moda at PPPPTK PKn and IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Nurhadi M.Pd. (II) Dr. M.Ishaq M.Pd. Keywords Participant s Satisfaction Training The purpose of Teachers Training is to improve the competence of teachers PPPKn and IPS and to support the professionalism as a teacher. Using the Combined Daring Moda as it corresponds to the participant s UKG results the Combined Daring Moda is considered to be effective by doing virtual learning in addition to the participants also doing face-to-face lessons with the mentor / instructor. The satisfaction of the training participants in this research is the fulfillment of the needs and the desire of the trainees on the implementation of the training on the Combination Daring Moda at PPPPTK PKN and IPS Malang to (1) training materials (2) training methods (3) training facilities (4) training instructors (5) training schedule (6) accommodation and consumption. The study used a quantitative approach with descriptive research design. Data collection method used is questionnaire. The sample in this study is the participants of the training on the Combination Daring Moda. The data analysis used was statistic desktiptif in the form of percentage. The results of this study indicate that first the level of training participant s satisfaction on the training material is high amounted to 79.0%. Second the level of training participant s satisfaction on training method is high amounted 76.1%. Third the level of training participant s satisfaction on training facility is high amounted 71 8%. Fourth the level of training participants satisfaction on training instructors is high amounted 77.2%. Fifth the level of training participants satisfaction on the training schedule is high amounted 76.2%. Sixth the level of training participants satisfaction on accommodation and training consumption is high amounted 61.3%. The conclusion of this study is the level of participants satisfaction on the training of learner teachers included in the high classification. Participant satisfaction can be achieved optimally if (1) training materials can provide benefits for participants relefan with the work of participants and able to improve the ability of participants to their work. (2) training methods in accordance with the background of the participants training methods that can facilitate participants in the absorption of materials as well as methods that can involve participants in the learning process. (3) effective audio visual aids facilities in accordance with the needs and facilities feel comfortable. (4) the instructor has good communication skills the instructor master the material well as well as friendly to help the participants. (5) timely implementation of activities in accordance with the duration of the training and implementation in accordance with the schedule. (6) quality of food variety of dishes available and the accessibility of training locations. Suggestions in this study (1) training organizers may maintain and further improve services to achieve higher participant satisfaction. (2) managers of PPPPTK PKn and IPS to improve the satisfaction of the participants more they should improve the existing service better. And (3) PPPPTK PKn and IPS Instructors recommended to maintain the instructor s performance in delivering the materials.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5252

Actions (login required)

View Item View Item