Evaluasi program pelatihan implementasi kurikulum 2013 bagi guru menggunakan nmodel evaluasi Kirkpatrick di PPPPTK dan IPS Kota Batu / Navy Perdana Maulid Dita - Repositori Universitas Negeri Malang

Evaluasi program pelatihan implementasi kurikulum 2013 bagi guru menggunakan nmodel evaluasi Kirkpatrick di PPPPTK dan IPS Kota Batu / Navy Perdana Maulid Dita

Dita, Navy Perdana Maulid (2017) Evaluasi program pelatihan implementasi kurikulum 2013 bagi guru menggunakan nmodel evaluasi Kirkpatrick di PPPPTK dan IPS Kota Batu / Navy Perdana Maulid Dita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mauliddita Navy Perdana. 2016. Evaluasi Program Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 Bagi Guru Menggunakan Model Evaluasi Kirkpatrick di PPPPTK PKn dan IPS Kota Batu. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ellyn Sugeng Desyanty S.Pd M.Pd Pembimbing (II) Sopingi S.Sos M.Pd. Kata Kunci evaluasi pelatihan evaluasi model Kirkpatrick Evaluasi Kirkpatrik menjelaskan adanya empat level di dalamnya yakni reaksi belajar perilaku dan hasil. Pada penelitian ini digunakan untuk mengukur tingkat keberhasilan suatu program pelatihan melalui model evaluasi Kirkpatrick. Aspek-aspek yang digunakan untuk mengukur program pelatihan menggunakan model Kirkpatrick ini melalui level reaksi (reaction) dan pembelajaran (learning). Dengan mengukur level tersebut peneliti dapat mengetahui tingkat keberhasilan program pelatihan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan evaluasi program pelatihan implementasi kurikulum 2013 pada level reaction dan mendeskripsikan mendeskripsikan evaluasi program pelatihan implementasi kurikulum 2013 pada level learning di PPPPTK PKn dan IPS Kota Batu. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif. Penelitian ini mendeskripsikan model evaluasi Kirkpatrick menggunakan level reaction dan learning. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 40 orang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan total sampling yang artinya menjadikan seluruh populasi sebagai sampel. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket. Analisis yang digunakan berupa analisis statistik deskriptif yang berupa persentase median dan modus. Berdasarkan hasil analisis data tersebut menunjukkan bahwa (1) model evaluasi Kirkpatrick pada level reaction dinyatakan baik (2) model evaluasi Kirkpatrick pada level learning dinyatakan baik. Saran dari penelitian ini untuk lembaga dengan adanya penelitian tersebut dapat bermanfaat bagi lembaga dan program pelatihan-pelatihan yang selanjutnya akan dilaksanakan bagi seksi penyelenggara agar lebih detail dalam pengumpulan data pada peserta pelatihan dan petugas pelatihan yang ditugaskan lebih teliti lagi dalam mempersiapkan pelatihan dan bagi seksi evaluasi dapat menggunakan model evaluasi Kirkpatrick dalam pengukuran suatu pelatihan. dikarenakan pada model evaluasi ini sangat cocok untuk mengukur lebih dalam tentang peserta pelatihan. ABSTRACT Mauliddita Navy Perdana. 2016. Evaluation of 2013 Curriculum Implementation Training Program for Teachers Using Kirkpatrick Evaluation Model in PPPPTK PKn and IPS of Batu. Undergraduate Thesis Department of Non- Formal Education Faculty of Education State University of Malang. Supervisors (I) Dr. Ellyn Sugeng Desyanty S.Pd M.Pd (II) Sopingi S.Sos M.Pd. Keywords training evaluation Kirkpatrick model evaluation Kirkpatrick evaluation explains about four levels that are reaction learning attitude and result. This study aims to evaluate the success level of a training program through Kirkpatrick evaluation model. The aspects used to evaluate the training program are through reaction and learning levels in Kirkpatrick model. By evaluating those levels the researcher is able to find out the success level of training program. This study is conducted by aiming to describe the evaluation of 2013 Curriculum implementation training program using reaction and learning levels in PPPPTK PKn and IPS of Batu. This study uses quantitative research design. It describes Kirkpatrick evaluation model using reaction and learning levels. The population of this study are 40 people. The technique of data collection used is total sampling meaning that all population are the samples of this study. The method used to collect data is questionnaires. The analysis used is descriptive statistical analysis consisting of percentage median and modus. Based on the results of data analysis it showed that (1) Kirkpatrick evaluation model on reaction level was considered into good category (2) Kirkpatrick evaluation model on learning level was considered into good category. The suggestion of this study is directed to some aspects. For the institution it is expected that the study conducted will be beneficial including for further training programs that will be done in the future. For the caretaker it is recommended to be more detail in collecting data. In addition for training participants and officers it is suggested to be more meticulous in preparing the training. It is also recommended to the evaluators to use Kirkpatrick evaluation model in evaluating a training program since the model is very appropriate to do deeper evaluation about training participants.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5251

Actions (login required)

View Item View Item