Efektivitas pembelajaran dengan metode Tahfizh Qur'an Tematik (TQT) (studi kasus di Bait Al-Hikmah malang) / Farida Nurrafidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas pembelajaran dengan metode Tahfizh Qur'an Tematik (TQT) (studi kasus di Bait Al-Hikmah malang) / Farida Nurrafidah

Nurrafidah, Farida (2017) Efektivitas pembelajaran dengan metode Tahfizh Qur'an Tematik (TQT) (studi kasus di Bait Al-Hikmah malang) / Farida Nurrafidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nurrafidah Farida. 2017. Efektivitas Pembelajaran Dengan Metode Tahfizh Qur an Tematik (TQT) Di Bait Al-Hikmah. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Imam Hambali M. Pd. (II) Drs. M. Ihsom Ihsan M.Pd. Kata kunci pembelajaran metode dan Tahfizh Qur an Tematik (TQT). Tahfizh Qur an Tematik (TQT) merupakan metode menghafal Al-Qur an bertujuan mengutamakan hafalan dan pemahaman ayat yang didasarkan pada tema atau kisah didalam Al-Qur an dengan mengadopsi metode tafsir Maudlu i yaitu penafsiran Al-Qur an berdasarkan tema. Dalam penerapannya metode TQT didukung dengan pembelajaran konteksual yang menekankan siswa aktif inovatif dan menyenangkan guna menunjang keefektivan pada hafalan dan pemahaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan tentang keefektifan pembelajaran dengan menerapkan metode Tahfizh Qur an Tematik (TQT) di Bait Al-Hikmah. Pembelajaran TQT dikatakan efektif apabila siswa dapat menghafalkan ayat dan memahami kata kunci seusai kegiatan pembelajaran. Penelitian ini dapat berguna bagi penggagas tutor pengelola dan bagi peneliti lain. Penelitian ini menggunakan mendekatan kualitatif dengan jenis penelitian evaluatif (Goal Free Evaluation). Subjek penelitian ini adalah 4 informan yang merupakan penggagas dan 3 tutor. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi wawancara dan dokumentasi selanjutnya dianalisis dengan menggunakan model analisis data kualitatif Miles dan Hubberman. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan kriteria kepercayaan (credibility) dengan teknik pemeriksaan trianggulasi data dan member chek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan metode TQT ini efektif yang tercermin pada (a) proses pembelajaran lebih terfokus pada gaya belajar auditori melalui penuntunan hafalan (talqin) dari satu siswa ke siswa lain secara bersambung dilanjutkan dengan pemahaman kata kunci dari masing-masing ayat sehingga siswa lebih cepat hafal dan faham (b) kecepatan menghafal dan memahami pada siswa dengan waktu singkat yaitu 2 kali pertemuan dalam satu minggu dan pada masing-masing pertemuan selama 90 menit (c) pembelajaran aktif inovatif dan menyenangkan sehingga siswa tidak merasa terbebani (d) sedangkan pendukung pembelajaran metode TQT ini dimulai dari yang mudah yang disenangi materi yang sesuai dengan perkembangan siswa serta didukung dengan metode dan teknik pembelajaran yang menyenangkan sehingga dapat mendukung hafalan dan pemahaman ayat dari tema-tema yang diajarkan dengan keefektifan yang lebih baik pada sisi hafalan pemahaman ayat yang dihafalkan waktu yang singkat kesesuaian materi dan metode yang diterapkan pada siswa. Saran dari penelitian ini bahwa pembelajaran dengan metode TQT dijadikan rekomendasi untuk kegiatan penelitian selanjutnya tentang keseuaian tahapan pembelajaran Al-Qur an dengan TQT dan keterkaitan pembelajaran TQT dengan pembelajaran kontekstual.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5248

Actions (login required)

View Item View Item