Perbandingan prestasi belajar PPKn cawu I tahun ajaran 1999/2000 antara siswa bekerja di jalanan dan tidak bekerja di SLTP Nasional dan SLTP Ma'arif 2 Kecamatan SUkun Kota Malang<BR>oleh Dewi Nurjanah

Dewi (2001) Perbandingan prestasi belajar PPKn cawu I tahun ajaran 1999/2000 antara siswa bekerja di jalanan dan tidak bekerja di SLTP Nasional dan SLTP Ma'arif 2 Kecamatan SUkun Kota Malang<BR>oleh Dewi Nurjanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan di SLTP merupakan salah satu sarana untuk membekali siswa dalam menghadaphi idup dan kehidupand i masam endatangS. emuas iswab erhak mendapatk esempatanu ntuk mengenyamp endidikan.T etapi kenyataanm embukfikan bahwaa da sebagians isway ang kurangd apatm engenyamp endidikand enganb aik karenah arusb erpisahs ementarad engano rangt ua, meluangkans ebagianw allu untuk mencari nafkah sebagai siswa bekerja dijalanan. Sebagasi iswab ekerja,t erpaksam eluangkans ebagianw aktu untuk mencari nafkahd i jalanan yang mengakibatkank esempatans iswau ntuk memperdalamm ateri pelajaranm enjadib erkurang.S edangkans ebagais iswat idak bekerjam empunyai banyak waktu luang untuk berinteraksi dengan teman, keluarga, bermain dan sekedar membantuo rangt ua sertam empunyaik esempatany ang cukup untuk memperdalam materi pelajaran. Dengana danyap erbedaanru tinitas siswa akand apatm empengaruhpi restasi belajar siswa.F aktor-faktory ang mempengaruhpi restasib elajar siswad apatb ersifat intem dan ekstern. Falctor intem adalah faktor yang berasal dari dalam diri siswa sedangkanfa klor ekstema dalahf bktor yang berasald ari luar diri siswa. Jenis penelitian ini termasuk deskriptif kuantitatif. Populasi diambil dari seluruh siswa SLTP Nasional dan SLTPI lvla'arif 2 Kecamatan Sukun Kota Malang. Sampels iswab eke{a di jalanan dilakukan secarak uota sedangkans ampels iswa tidak bekerja dilakukan secara sistematik. Teknik pengumpuland atay ang digunakana dalaha ngketd an dokumena ngket bertujuanu ntuk mendapatkanin formasi atau keteranganm engenais iswab ekerjad i jalanand ans iswat idak bekerja.D okumeny angd igunakana dalahn ilai raportP PKn cawuI tahuna jaran1 999/2000d i SLTPN asionald an SLTP I Ma'arif 2 Kecamatan Sukun Kabup aten Malang. Sesudahd atad iperoleh,k emudiand ata dianalisad enganm enggunakanu ji t. Hasil analisis diperoleh bahwa nilai rata-rata siswa bekerja di jalanan 6,6 sedangkan siswat idak bekerja6 ,54. Untuk simpanganb aku siswa bekerjad i Jalanan 0,774596669se dangkasni swat idak bekerja0 ,726511273. Hasil analisisu ji-t menunjukkanb ahwat idak adap erbedaapnr estasbi elajar PPKn antara siswa bekerja dijalanan dan tidak bekerja di SLTP Nasional dan sLTpI Ma'arif 2 KecamatanS ukunK ota Malang (tutrg 0,39949985< 166"915 yo1 ,983). Hasil penelitianm enunjukkanb ahwap encapaianp restasib elajar siswac enderung ditentukan oleh faktor intern siswa dari pada faktor ekstern siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2001 04:29
Last Modified: 09 Sep 2001 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52470

Actions (login required)

View Item View Item