Hubungan antara kualifikasi akademik dengan kinerja profesional pendidik PAUD (pendidikan Anak Usia Dini) di PAUD Terpadu Zam Zam Malang / Maulidiya Agustin Almufidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara kualifikasi akademik dengan kinerja profesional pendidik PAUD (pendidikan Anak Usia Dini) di PAUD Terpadu Zam Zam Malang / Maulidiya Agustin Almufidah

Almufidah, Maulidiya Agustin (2017) Hubungan antara kualifikasi akademik dengan kinerja profesional pendidik PAUD (pendidikan Anak Usia Dini) di PAUD Terpadu Zam Zam Malang / Maulidiya Agustin Almufidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Almufidah Maulidiya Agustin. 2017. Hubungan antara Kualifikasi Akademik dengan Kinerja Profesional Pendidik PAUD Di PAUD Terpadu Zam Zam Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Drs. Ahmad Mutadzakir M.Pd. (2) Dr. Ellyn Sugeng Desyanty M.Pd. Kata kunci kualifikasi akademik kinerja profesinal pendidik PAUD Latar belakang dari penelitian ini yaitu dari 12 pendidik PAUD rata-rata pendidiknya masih belum berkualifikasi akademik di bidang PAUD. Sehingga peneliti ingin meneliti hubungan antara kualifikasi akademik dengan kinerja profesional pendidik PAUD. Tujuannya untuk mengetahui (1) kualifikasi akademik (2) kinerja profesional pendidik (3) hubungan kualifikasi akademik dengan kinerja profesional pendidik PAUD di lembaga PAUD Terpadu Zam Zam. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan penelitian korelasional. Peneliti mengambil sampel 12 pendidik. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Analisis yang digunakan dengan menentukan korelasi antar variabel melalui SPPS 16.0 dengan teknik nonparametric Wilcoxon dengan tujuan untuk mengetahui dua sampel yang berhubungan (korelasi). Berdasarkan hasil analisis data diketahui program kualifikasi akademik bahwa pendidik PAUD sudah memenuhi kualifikasi akademik dengan presentase 45% sehingga termasuk kedalam kategori cukup berkualifikasi akademik.Kinerja profesional pendidik PAUD dinyatakan dalam kategori profesional dengan presentase 45% sehingga termassuk kedalam kategori cukup profesional. Kesimpulannya rata-rata dari kualifikasi akademik melalui tingkat derajat kelulusan pendidik yaitu sebesar 45%. Artinya pendidik PAUD memiliki sikap usaha untuk memelihara dan mempertahankan kompetensi.Rata-rata dari kualifikasi akademik melalui tingkat keikutsertaan dalam program pelatihan yaitu sebesar 45%. Artinya pendidik PAUD juga berperan aktif kedalam kegiatan pelatihan. Rata-rata dari kinerja profesional pendidik PAUD yaitu sebesar 5% dengan jumlah rata-ratanya sebesar 45%. Melihat hal tersebut maka termasuk kedalam kategori cukup profesional. pembelajaran.Berdasarkan nilai asymp sig dari sub variabel ijazah dan pelatihan yaitu 0 008 dan 0 007 artinya 945 0 05. Sehingga terdapat hubungan signifikan antara kualifikasi akademik dan kinerja profesional pendidik Saran ini diberikan kepada (1) lembaga masukan kepada penyelenggara pendidikan anak usia dini dalam pentingnya kualifikasi akademik dengan kinerja profesional pendidik PAUD (2) pendidik dapat dijadikan sebagai pengetahuan tentang pentingnya kualifikasi akademik agar dapat meningkatkan kinerja profesionalnya sebagai pendidik (3) mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah dapat dijadikan sebagai referensi untuk penelitian sejenis dan lanjutan (4)Peneliti selanjutnya berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat dilanjutkan dengan meneliti faktor-faktor lain yang dimungkinkan mempengaruhi variabel kinerja profesional pendidik. Mengukur kinerja profesional menggunakan instrument lain (selain angket) misalnya tes portofolio observasi dan penelitian sejawat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5246

Actions (login required)

View Item View Item