Pengembangan media pembelajaran PPKn berbasis videoscribe pada materi hak asasi manusia di SMKN 7 Kota Malang / Rahmat Tri Sanjaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran PPKn berbasis videoscribe pada materi hak asasi manusia di SMKN 7 Kota Malang / Rahmat Tri Sanjaya

Sanjaya, Rahmat Tri (2019) Pengembangan media pembelajaran PPKn berbasis videoscribe pada materi hak asasi manusia di SMKN 7 Kota Malang / Rahmat Tri Sanjaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Sanjaya Rahmat Tri 2019. Pengembangan Media Pembelajaran PPKn Berbasis Videoscrbie Pada Materi Hak Asasi Manusia Di SMKN 7 Kota Malang. Skripsi Jursan Hukum dan Kewarganegaraan Program Studi Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial. Pembimbing (I) Drs. H. Suparman Adi Winoto S.H M.Hum. (II) Dr. Siti Awaliyah S.Pd S.H M. Hum. Kata Kunci Pengembangan Media Pembelajaran Videoscribe Hak Asasi Manusia Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Pendidikan merupakan hal yang penting dan dibutuhkan oleh seluruh warga negara indonesia dari jenjang sekolah dasar sampai dengan universitas. Seiring dengan perkembangan globalisasi yang pesat peningkatan pembelajaran dibutuhkan. Pendidika harus bisa membuat pembelajaran yang inovatif dan juga efektif pembelajaran tidak harus pada buku pelajaran saja. Namun saat ini arus teknologi dan informasi sudah semakin berkembang pesat. Guru harus bisa menyesuaikan dengan pertumbuhan teknologi dan informasi ini sebagai sebuah sumber belajar yang praktis. Videoscribe sebagai salah satu bentuk media pembelajaran yang praktis dan inovatif dalam bentuk audio visual namun pemanfaatan media pembelajaran seperti ini masihlah kurang dalam kegiatan pembelajaran. Pembelajaran berupa video juga sebagai salah satu bentuk pembelajaran inovatif dengan pertumbuhan teknologi dan informasi yang pesat saat ini. Videoscribe ini dapat digunakan sebagai sumber belajar untuk para peserta didik yang menyukai akan hal pembelajaran yang bersifat interaktif berupa animasi bergerak dan audio. Peserta didik bisa belajar kapan saja dan dimana saja. Pengembangan media pembelajaran PPKn berbasis videoscribe pada materi hak asasi manusia ini dilakukan di SMK Negeri 7 Kota Malang. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan sebuah produk berupa videoscribe sebagai salah satu pemanfaatan teknologi saat ini dari perkembangan globalisasi yang sangat pesat. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk sumber belajar mandiri dan memotifasi gutu untuk inofatif. Penelitian menggunakan (Reseach Development) Rnd yang menggunakan 10 langkah antaralain (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) uji coba pemakaian (6) revisi Produk (7) uji coba produk (8) revisi desain (9) revisi produk (10) produk akhir. Pada penelitian ini diuji cobakan satu materi sebagai obyek uji coba produk media pembelajaran berbasis videoscribe yaitu materi hak asasi manusia. produk media pembelajaran berupa videoscribe yang dikembangkan ini memiliki beberapa bagian yang menampilkan pembelajaran PPKn dengan materi hak asasi manusia kelas X APL2 SMK Negeri 7 Kota Malang dengan isi video yaitu (1) kompetensi inti kompetensi dasar dan indikator (2) materi hak asasi manusia (3) contoh pelanggran hak asasi manusia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52409

Actions (login required)

View Item View Item