Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi pada mata pelajaran PPKn di SMK Muhammadiyah 2 Malang / Nur Khafido

Khafido, Nur (2019) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi pada mata pelajaran PPKn di SMK Muhammadiyah 2 Malang / Nur Khafido. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Khafido, Nur. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Akuntansi Pada Mata Pelajaran PPKn di SMK Muhammadiyah 2 Malang. Skripsi, Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sri Untari, M.Si, (II) Drs. Petir Pudjantoro, M.Si. Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, keaktifan, hasil belajar, PPKn. Kegiatan pembelajaran akan berjalan secara dinamis apabila antara guru dan siswa sama-sama terlibat dalam proses pembelajaran. Namun, dalam dunia pendidikan masih banyak terdapat permasalahan salah satunya yaitu masalah dalam proses pembelajaran. Kegiatan dalam proses belajar mengajar di dalam kelas masih di dominasi oleh keaktifan guru bukan siswa. Dalam kegiatan pembelajaran guru menggunakan metode ceramah. Selama kegiatan pembelajaran terlihat sebagian siswa mengantuk di dalam kelas dan terlihat hanya mendengarkan penjelasan guru namun ketika guru memberikan pertanyaan tidak bisa menjawab. Kondisi tersebut menunjukkan keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran masih rendah. Hal tersebut berdampak pula terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan dokumentasi hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn diperoleh bahwa dari 18 siswa hanya 4 siswa yang mendapatkan nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75 sedangkan sisanya masih memperoleh nilai di bawah KKM yaitu 50. Menyikapi permasalahan tersebut perlu diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD sebagai alternatif untuk mengatasi siswa yang pasif selama proses pembelajaran dan hasil belajar siswa yang dibawah KKM. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD kelas X Akuntansi pada mata pelajaran PPKn di SMK Muhammadiyah 2 Malang (2) Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas X Akuntansi pada mata pelajaran PPKn di SMK Muhammadiyah 2 Malang (3) Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi pada mata pelajaran PPKn di SMK Muhammadiyah 2 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Karena untuk memahami fenomena yang dialami oleh subyek penelitian. Subjek pada penelitian ini adalah kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Malang yang terdiri dari 18 siswa. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Researh). PTK dilakukan proses pengkajian berdaur dari 4 tahap yaitu: (1) Perencanaan tindakan (2) Pelaksanaan tindakan (3) Observasi (4) Refleksi. ii Berdasarkan hasil observasi, pada siklus I peneliti kurang memberikan motivasi dan peneliti hanya fokus terhadap siswa yang aktif sehingga kegiatan pembelajaran belum berjalan secara kondusif. Keaktifan siswa pada siklus I belum nampak seperti aktivitas berbicara, berfikir maupun menulis. Pada siklus I, hanya di dominasi oleh siswa yang aktif yaitu siswa yang aktif menjawab pertanyaan, bertanya maupun mengungkapkan pendapat. Sedangkan pada siklus II, peneliti memberikan perhatian kepada seluruh siswa dan peneliti memberikan motivasi dengan menyampaikan kepada siswa, siswa memperoleh penghargaan berupa jajan coklat apabila siswa aktif selama kegiatan pembelajaran. Hal tersebut cukup membangkitkan semangat siswa dalam kegiatan pembelajaran khususnya pada mata pelajaran PPKn. Berdasarkan hasil analisis penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD diketahui bahwa presentase keberhasilan tindakan peneliti pada siklus I menujukkan 79,66 % dengan taraf keberhasilan ÔÇ£BaikÔÇØ. Pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 15,17 %, yaitu dari 79,66 % pada siklus I menjadi 94,83 % pada siklus II. Sedangkan hasil analisis diketahui bahwa presentase keberhasilan keaktifan siswa pada siklus I menujukkan 51 % dengan taraf keberhasilan ÔÇ£CukupÔÇØ. Pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 11,75 %, yaitu dari 51 % pada siklus I menjadi 62,75 % pada siklus II. Dan hasil belajar siswa dapat diketahui Pada siklus I nilai rata-rata 78,88 dengan presentase siswa yang tuntas sebesar 11 siswa (61 %). Pada siklus II nilai rata-rata 84,16, yaitu dari 61 % pada siklus I menjadi 88 % pada siklus II dengan presentase siswa yang tuntas sebesar 16 siswa (88 %) terjadi peningkatan 27 %. Bertitik tolak dari penelitian ini, beberapa saran yang diajukan peneliti adalah: (1) Guru mata pelajaran PPKn kelas X disarankan untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD sebagai alternatif untuk dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa terutama pada materi fungsi dan kewenangan lembaga-lembaga negara agar siswa tidak merasa jenuh dengan pembelajaran yang bersifat monoton, (2) Pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe STAD hendaknya dipertimbangkan dan disesuaikan dengan materi yang ada di dalam buku siswa. Hal tersebut membantu siswa untuk memahami materi dan menyesuaikan dengan kondisi lingkungan belajar siswa sehingga siswa dapat berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran, (3) Sekolah diharapkan dapat memberikan dukungan penuh terhadap guru untuk mengembangkan berbagai variasi model-model pembelajaran yang bisa diterapkan di dalam kelas, (4) Untuk peneliti lain, Penelitian ini diharapkan dapat dikembangkan untuk penelitian selanjutnya agar dapat terus mengembangkan proses pembelajaran yang ada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52408

Actions (login required)

View Item View Item