Upaya sekolah dalam mencegah radikalisme bagi siswa di SMA Ma'arif NU Pandaan Kabupaten Pasuruan / Vidia Maghfiroh Fadlilah

Fadlilah, Vidia Maghfiroh (2019) Upaya sekolah dalam mencegah radikalisme bagi siswa di SMA Ma'arif NU Pandaan Kabupaten Pasuruan / Vidia Maghfiroh Fadlilah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Fadlilah, Vidia Maghfiroh. 2019. Upaya Sekolah dalam Mencegah Radikalisme bagi Siswa di SMA MaÔÇÖarif NU Pandaan Kabupaten Pasuruan. Skripsi, Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Margono, M.Pd, M.Si., (II) Drs. Ketut Diara Astawa, S.H, M.Si Kata Kunci: Upaya Sekolah, Radikalisme, Siswa, Program, Sosialisasi Anti Radikalisme Radikalisme merupakan tindakan dan gerakan ditandai oleh aksi ekstrem yang harus dilakukan untuk mengubah suatu keadaan seperti yang diinginkan. SMA MaÔÇÖarif NU Pandaan Kabupaten Pasuruan menjadi salah-satu sekolah yang berbasis agama Islam di kecamatan Pandaan dibawah naungan Nahdatul Ulama yang menjadi salah satu organisasi masyarakat di Indonesia yang adaptif yaitu sesuai dengan tuntutan lingkungan, norma-norma dan adat istiadat yang berlaku di lingkungan dan masyarakat Indonesia sehingga menolak paham radikal yang dianggap menyimpang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Program sekolah dalam mencegah radikalisme di SMA MaÔÇÖarif NU Pandaan Kabupaten Pasuruan, (2) Strategi sekolah dalam mencegah radikalisme di SMA MaÔÇÖarif NU Pandaan Kabupaten Pasuruan, (3) Pelaksanaan program sekolah dalam mencegah radikalisme di SMA MaÔÇÖarif NU Pandaan Kabupaten Pasuruan, (4) Kendala dalam pelaksanaan program sekolah untuk mencegah radikalisme di SMA MaÔÇÖarif NU Pandaan Kabupaten Pasuruan, dan (5) Solusi mengatasi kendala dalam pelaksanaan program sekolah untuk mencegah radikalisme di SMA MaÔÇÖarif NU Pandaan Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini menggunakan pendekatan dan jenis penelitian kualitatif-deskriptif. . Sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala bagian kesiswaan, wakil kepala bagian kurikulum, guru-guru antara lain guru PPKn, guru Pendidikan Agama Islam, guru IPS, guru Bimbingan Konseling, dan guru Aswaja serta beberapa murid. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik interaktif dari Miles and Huberman yaitu yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Program-program Anti Radikalisme di SMA MaÔÇÖarif NU Pandaan Kabupaten Pasuruan dapat dikategorikan dalam dua bentuk yaitu program terintegrasi di dalam mata pelajaran dan program kegiatan rutin sekolah. (2) Strategi mencegah radikalisme melalui pendekatan antara lain: (1) pembiasaan sikap anti radikalisme; 2) pemahaman materi anti radikalisme;dan (3) literasi spiritual. Tujuan sekolah dalam mencegah radikalisme melalui program-program Anti Radikalisme bagi peserta didik yaitu untuk meningkatkan antara lain: religius; nasionalisme; gotong royong; kebersamaan; demokratis; dan kekeluargaan. Manfaat yang bisa diambil dari program Anti Radikalisme adalah ada perubahan sikap dari peserta didik ii yang awalnya terpaksa menjadi terbiasa. Perubahan akan terjadi pada tata cara berfikir, tata cara bicara, dan tata cara bersikap ada perbedaan. (3) Pelaksanaan program yang terintegrasi dalam (a) Mata pelajaran yang didalamnya memuat tentang penguatan pendidikan karakter, antara lain: Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan; Pendidikan Agama Islam; Ilmu Pengetahuan Sosial; Bimbingan Konseling; dan Aswaja. (b) Program kegiatan rutin dilaksanakan berdasarkan waktu pelaksanaannya, yaitu secara harian; mingguan; bulanan, dan tahunan. Kendala dalam upaya mencegah radikalisme di SMA MaÔÇÖarif NU Pandaan antara lain: (1) Keterbatasan materi anti radikalisme; (2) Situasi dan kondisi peserta didik ketika pembelajaran; (3) Materi yang dianggap sulit bagi peserta didik; (4) Pengkondisian peserta didik (5) Sasaran sosialisasi anti radikalisme; dan (6) Waktu pelaksanaan sosialisasi anti radikalisme. Solusi-solusi yang diberikan, antara lain: (1) Penyisipan materi anti radikalisme; (2) Inovasi dalam pembelajaran; (3) Konsultasi materi kepada guru; (4) Pengawasan dari guru; (5) Pembagian waktu dalam kegiatan sosialisasi anti radikalisme; dan (6) Pendekatan kepada siswa yang terindikasi gerakan radikalisme. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat diberikan antara lain: (1) Bagi SMA MaÔÇÖarif NU Pandaan, program-program dalam mencegah radikalisme yang telah ada di SMA MaÔÇÖarif NU Pandaan sebaiknya dipertahankan, mengingat program-program tersebut memiliki tujuan dan manfaat yang positif dalam penguatan pendidikan karakter yang religius, nasionalis, toleransi, gotong-royong, dan kekeluargaan; (2) Bagi orang tua peserta didik, kewaspadaan dan pengawasan terhadap anak perlu dioptimalkan karena peran orang tua sangat penting dalam melindungi anak-anaknya dari pengaruh radikalisme. Informasi tentang anti radikalisme perlu dimiliki orang tua supaya dapat memberikan pendidikan kepada anak-anaknya tentang kebangsaan, toleransi, gotong royong, dan sebagainnya; (3) Bagi masyarakat umum, akan menjadi lebih baik jika masyarakat juga mendukung program Anti Radikalisme dan juga memantau lingkungan sekitar supaya tetap waspada adanya orang-orang baru dan segera melaporkan kepada pihak yang berwajib apabila ada warga yang terlihat mencurigakan sesuai dengan ciri-ciri radikalisme; dan (4) Bagi Pemerintah, melalui BNPT sebaiknya memantapkan kembali, menyusun kurikulum pendidikan yang di dalamnya berisi program Deradikalisasi supaya program tersebut terarah dan dapat secara optimal diterapkan di sekolah-sekolah seluruh Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Apr 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52401

Actions (login required)

View Item View Item