Penerapan pembelajaran kooperatif think pair share untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran IPS pokok bahasan Kegiatan Jual Beli di SDN Wonorejo 1 Lawang / Ardita Wardani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif think pair share untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran IPS pokok bahasan Kegiatan Jual Beli di SDN Wonorejo 1 Lawang / Ardita Wardani

Wardani, Ardita (2015) Penerapan pembelajaran kooperatif think pair share untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran IPS pokok bahasan Kegiatan Jual Beli di SDN Wonorejo 1 Lawang / Ardita Wardani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wardani Ardita. 2015. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas III Pada Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Kegiatan Jual Beli di SDN Wonorejo 1 Lawang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sulthoni M.Pd (II) Saida Ulfa S.T M.Edu Ph.D. Kata Kunci pembelajaran kooperatif think pair share aktivitas siswa hasil belajar siswa Berdasarkan observasi awal pada pembelajaran IPS kelas III di SDN Wonorejo 1 Lawang diketahui bahwa pembelajaran IPS menggunakan pembelajaran konvensional. Siswa cenderung menghafal guru mendominasi kegiatan pembelajaran sehingga siswa tidak membangun pengetahuannya sendiri. Hal ini mengakibatkan aktivitas siswa yang pasif sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Model pembelajaran yang dapat diterapkan yakni pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS). TPS merupakan salah satu metode yang memberikan siswa kesempatan untuk berpikir berpasangan dan berbagi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Metode penelitian ini mengunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan hingga dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap yakni perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan observasi aktivitas belajar siswa tes hasil belajar siswa dokumentasi dan dilengkapi dengan catatan lapangan. Subjek penelitian pelaksanaan PTK ini berjumlah 36 siswa pada mata pelajaran IPS pokok bahasan kegiatan jual beli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif TPS dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas III di SDN Wonorejo 1 Lawang. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan rata-rata aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 1 dan 2 sebesar 42 7 dan 50 6 sedangkan pada siklus II pertemuan 1 dan 2 sebesar 60 7 dan 78 1. Lalu rata-rata hasil belajar siswa siklus I sebesar 73 3 dengan ketuntasan siswa mencapai SKM 69% dan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa sebesar 91 7 dengan ketuntasan siswa mencapai SKM sebanyak 86%. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif Think Pair Share dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran IPS pokok bahasan kegiatan jual beli di SDN Wonorejo 1 Lawang. Saran yang diajukan pada penelitian ini yaitu (1) bagi guru disarankan menggunakan berbagai model pembelajaran disaat mengajar dikelas dengan baik (2) bagi peneliti lain disarankan semoga dapat mengembangkan penelitian tentang pembelajaran dengan menerapkan TPS dan memperbaiki kelemahan penelitian sebelumnya (3) bagi sekolah disarankan untuk menerapkan teknik TPS dengan tidak merubah tatanan kurikulum yang ada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/524

Actions (login required)

View Item View Item