Perbandingan model pembelajaran cross word puzzle dengan wordsquare pada hasil belajar PPKn Kelas VIII di SMPN 3 Jombang / Brenda Regina

Regina, Brenda (2019) Perbandingan model pembelajaran cross word puzzle dengan wordsquare pada hasil belajar PPKn Kelas VIII di SMPN 3 Jombang / Brenda Regina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Regina, Brenda.2018.Perbandingan Model Pembelajaran Crossword Puzzel Dengan Word Square Pada Hasil Belajar PPKn Kelas VIII Di SMPN 3 Jombang. Skripsi. ,Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan, Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Margono, M.Pd, (II) Rusdianto Umar, SH, M.Hum Kata Kunci : Crossword, Wordsquare, Hasil Belajar. Penambahan jam pada mata pembelajaran PPKn pada kurikulum 2013 saat ini juga dapat mempengaruhi waktu yang dibutuhkan guru untuk menjadikan suasana kelas agar tidak monoton dan penggunaan model pembelajaran yang menarik yang mampu untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Pemerintah telah berusaha melakukan perbaikan-perbaikan agar mutu pendidikan meningkat.Para guru hendaknya memposisikan peserta didik sebagai insan yang harus dihargai kemampuannya dan diberi kesempatan untuk mengembangkan potensi yang dimiliki. Oleh karena itu, dalam proses pembelajaran perlu adanya suasana yang terbuka, akrab dan saling menghargai. Sebaliknya perlu menghindari suasana belajar yang kaku, penuh dengan ketegangan dan sarat dengan perintah dan instruksi yang membuat peserta didik menjadi pasif, tidak bergairah, cepat bosan dan mengalami kebosanan. Tujuan dari penelitian perbandingan model pembelajaran Crossword (Teka-Teki Silang) dan model pembelajaran Wordsquare terhadap hasil belajar PPKn di SMPN 3 Jombang adalah untuk mengetahui adanya perbedaan dari hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaranCrossword (Teka-Teki Silang) dan model pembelajaran Wordsquare. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Eksperimen semu (Quasi experimental)dengan desain The static group Comparasion design. Subjek penelitian ini dibagi menjadi dua kelompok eksperimen yaitu eksperimen 1 dan kelompok eksperimen 2. Kelompok eksperimen 1 mendapat perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Teka-Teki Silang (Crossword). Sedangkan Kelompok eksperimen 2 mendapat perlakukan dengan menggunakan model pembelajaran Word square. Pengumpulan data hasil kemampuan akhir siswa atau post-tes setelah dilakukannya perlakuan. Analisis data menggunakan Uji-T untuk membandingkan hasil rata-rata kedua kelas. Uji hipotesis ini menggunakan SPSS 23 For Windows. Uji hipotesis ini dilakukan untuk mengetahui apakah adanya perbedaan antara hasil belajar PPKn dengan model pembelajaran Crozzword (teka-Teki Silang)dan hasil belajar PPKn dengan model pembelajaran Word Square pada kelas yang berbeda. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan Independent Sample Test menunjukkan bahwa nilai signifikan atau probabilitas 0,302 > 0.05, maka H0 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan hasil pembelajaran PPKn antara model pembelajaran Crossword (teka-teki silang) dengan model pembelajaran Word Square. Saran yang diberikan oleh penulis yaitu: (1) Bagi guru PPKn, model Crossword Puzzle dan Model Word Square dapat diterapkan pada pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PPKn kepada siswa,(2) Untuk penelitian lebih lanjut disarankan pemilihan soal serta jumlah soal diperluas pada i kelas sehingga dapat diketahui bila saja adanya perbedaan yang signifikan dari kedua model tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52364

Actions (login required)

View Item View Item