Pelayanan publik bantuan pangan nontunai melalui e-Warong Al Awalu Al Barokah di Kelurahan Bendo Kota Blitar / Sindi Dwiningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelayanan publik bantuan pangan nontunai melalui e-Warong Al Awalu Al Barokah di Kelurahan Bendo Kota Blitar / Sindi Dwiningrum

Dwiningrum, Sindi (2019) Pelayanan publik bantuan pangan nontunai melalui e-Warong Al Awalu Al Barokah di Kelurahan Bendo Kota Blitar / Sindi Dwiningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dwiningrum Sindi. 2018. Pelayanan Publik Bantuan Pangan Nontunai melalui E-Warong Al Awalu Al Barokah di Kelurahan Bendo Kota Blitar. Skripsi Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Margono M.Pd M.Si (II) Drs. Suparlan Al Hakim M.Si. Kata Kunci pelayanan publik BPNT PKH E-Warong bantuan sosial bidang sosial Bantuan Pangan Nontunai melalui E-Warong KUBE PKH merupakan pelayanan publik dalam penyaluran bantuan sosial pengganti program Rastra atau beras sejahtera. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menghasilkan deskriptif. Dalam penelitian ini peneliti berperan sebagai instrument penelitian. Peneliti memilih lokasi penelitian di unit E-Warong Al Awalu Al Barokah di Kelurahan Bendo Kota Blitar. Sumber data dalam penelitian ini terbagi menjadi dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan tiga teknik yaitu teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu tahap awal tahap inti tahap analisis data dan tahap penulisan laporan. Hasil penelitian ini sebagai berikut. Pertama pelayanan publik bantuan pangan nontunai melalui E-Warong Al Awalu Al Barokah di Kelurahan Bendo Kota Blitar dilaksanakan melalui beberapa tahapan yakni (a) adanya e-warong dan pengelola e-warong (b) rapat seluruh pendamping e-warong bersama koordinator PKH Kota Blitar (c) pengemasan ulang komoditi BPNT (d) pembuatan undangan pengambilan BPNT untuk KPM (e) pembuatan form kontrol (f) penyaluran BPNT (g) rekon form kontrol (h) melunasi kekurangan komoditi dan (i) membuat laporan. Kedua kendala dalam pelayanan publik bantuan pangan nontunai melalui E-Warong Al Awalu Al Barokah Kelurahan Bendo Kota Blitar yakni (a) kendala dari SDM yakni kurangnya pengelola e-warong (b) kendala kemitraan dengan penyuplai komoditi BPNT yakni kualitas komoditi buruk ( c) kendala kemitraan dengan BNI yakni mesin EDC sering eror (d) KPM yang kehilangan KKS/ lupa nomor pinnya (e) KPM yang tidak tanda tangan di form kontrol (f) KPM yang tidak hadir pada saat penyaluran BPNT. Ketiga upaya untuk mengatasi kendala dalam pelayanan publik Bantuan Pangan Non Tunai melalui E-Warong Al Awalu Al Barokah di Kelurahan Bendo Kota Blitar yakni (a) upaya mengatasi kendala dari segi SDM yakni pada saat penyaluran BPNT dibantu oleh PSM (b) upaya mengatasi kendala kemitraan dengan penyuplai komoditi yakni dilakukan pengembalian kepada penyuplai untuk komoditi yang buruk (c) upaya mengatasi kendala kemitraan dengan BNI yakni dilakukan reset ulang mesin EDC yang eror (d) upaya mengatasi KPM kehilangan KKS/lupa nomor pinnya yakni memberikan amplop wadah KKS yang diberi keterangan nomor pin (e) upaya mengatasi KPM yang tidak tanda tangan di form kontrol adalah melakukan pengecekan pada bukti transaksi yang disimpan oleh pengelola e-warong (f) upaya mengatasi KPM yang tidak hadir saat penyaluran BPNT adalah melakukan kunjungan ke rumah KPM untuk mengetahui penyebabnya dan memberikan solusinya. Saran yang diberikan peneliti yaitu (a) bagi Dinas Sosial Kota Blitar untuk lebih meninjau keadaan di lapangan (b) bagi pendamping dan pengelola E-Warong Al Awalu Al Barokah lebih memahami fungsi dan tujuan e-warong sehingga dapat melaksanakan semua fungsi e-warong (c) bagi rekan kemitraan E-Warong Al Awalu Al Barokah untuk lebih meningkatkan kerja sama di bidangnya masing-masing (d) bagi KPM di unit E-Warong Al Awalu Al Barokah untuk lebih meningkatkan partisipasinya dalam proses pelaksanaan fungsi e-warong.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52362

Actions (login required)

View Item View Item