Upaya sekolah dalam mengembangkan perilaku gotong royong siswa di SMK Negeri 3 Malang / Etwitdya Arny Firawittanty

Firawittanty, Etwitdya Arny (2019) Upaya sekolah dalam mengembangkan perilaku gotong royong siswa di SMK Negeri 3 Malang / Etwitdya Arny Firawittanty. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Firawittanty, E.A. 2018. Upaya Sekolah Dalam Mengembangkan Sikap Gotong Royong Siswa Di SMK Negeri 3 Malang. Skripsi, Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Siti Awaliyah, S.PD., M.Hum, (II) Dr. Sri Untari, M.Si. Kata Kunci: Sekolah, Siswa, Gotong Royong Gotong royong sebagai ciri khas Indonesia harus terus menerus dikembangkan dan diperhatikan. Dilembaga pendidikan menjadi tugas setiap warga sekolah untuk bertanggung jawab membangun karakter generasi penerus bangsa dengan tuntutan era globalisasi yang menjadi pengaruh besar. Termasuk pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Malang sebagai sekolah dengan segudang prestasi dan penghasil lulusan yang siap masuk ke dalam dunia kerja. Tidak hanya kemampuan intelektual dan teknis yang harus dikuasi akan tetapi kemampuan dalam mengolah diri menjadi faktor penting dalam implementasi sikap gotong royong dikehidupan sehari-hari. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk kegiatan gotong royong siswa, peran warga sekolah dalam mengembangkan sikap gotong royong siswa, kendala-kendala dalam mengembangkan sikap gotong royong siswa, serta solusi dalam mengatasi kendala dalam mengembangkan sikap gotong royong siswa di SMK Negeri 3 Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif deskripsif dan prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kegiatan analisis data terdiri dari tiga tahap yang dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Serta untuk menjaga keabsahan data dilakukan kegiatan triangulasi data. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh empat simpulan hasil penelitian ini antara lain, bentuk-bentuk kegiatan gotong royong dari kegiatan intrakurikuler yaitu pembelajaran berkelompok, kokurikuler dengan adanya program field trip dan pratikum pembelajaran produktif dari jurusan Teknik Komputer dan Jaringan, Akomodasi Perhotelan, Tata Boga, Tata Busana, Tata Kecantikan, kegiatan ekstrakurikuler yang terdiri dari OSIS, PASKIBRA, PRAMUKA, PMR, teater, Karawitan. Lalu adanya program kepedulian sesama dengan berbagai kegiatan diantaranya jumat beramal, saat berduka ataupun saat warga sekolah mengalami musibah, serta pemberian bantuan bencana, disambung dengan kegiataan perlombaan yang rutin dilaksanakan pada hari kemerdekaan, dan kegiatan kebersihan sekolah yang terdiri dari piket wajib, jumat bersih, dan insidental, serta adanya kerja bakti. Upaya warga sekolah terdiri dari kepala sekolah, guru, staf karyawan, siswa dalam mengembangkan sikap gotong royong. Dan kendala yang didapat ialah adanya sikap individualistik, lalu pendidikan dari rumah yang tidak maksimal. Adapun solusi dalam mengatasi kendala tersebut ialah terdiri dari aspek pembinaan dan pencegahan oleh warga sekolah SMK Negeri 3 Malang. Saran yang dapat peneliti berikan dalam penelitian ini bagi berbagai pihak mulai dari warga SMK Negeri 3 Malang, generasi muda, dan jurusan Hukum Dan Kewarganegaraan agar dapat menambah wawasan untuk mengetahui bagaimana upaya sekolah dalam mengembangkan sikap gotong royong siswa sebagai ciri khas bangsa Indonesia yang harus terus menerus diterapkan dikehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52361

Actions (login required)

View Item View Item