Program peningkatan nasionalisme di SMA Negeri 1 Nganjuk / Dyah Ayu Putri Septiani - Repositori Universitas Negeri Malang

Program peningkatan nasionalisme di SMA Negeri 1 Nganjuk / Dyah Ayu Putri Septiani

Septiani, Dyah Ayu Putri (2019) Program peningkatan nasionalisme di SMA Negeri 1 Nganjuk / Dyah Ayu Putri Septiani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Septiani Ayu Putri Dyah. 2018. Program Peningkatan Nasionalisme di SMA Negeri 1 Nganjuk. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Rosyid Al Atok M.Pd M.H (2) Drs. Suparlan Al Hakim M.Si. Kata Kunci program peningkatan nasionalisme Program dalam sistem pendidikan merupakan persiapan untuk mempersiapkan sejumlah kerangka pembelajaran atau mata pelajaran yang diatur sedemikian rupa sehingga dapat dilaksanakan oleh anak didik dengan waktu yang telah ditentukan sekolah untuk menunjukan bakat dan minat peserta didik. Peningkatan merupakan upaya untuk menambah derajat tingkat dan kualitas maupun kuantitas. Peningkatan juga dapat berarti penambahan keterampilan dan kemampuan agar menjadi lebih baik. Nasionalisme adalah satu paham yang menciptakan dan mempertahankan kedaulatan sebuah negara dengan mewujudkan satu konsep identitas bersama untuk sekelompok manusia yang mempunyai tujuan atau cita-cita yang sama dalam mewujudkan kepentingan nasional dan nasionalisme juga rasa ingin mempertahankan negaranya baik dari internal maupun eksternal. Selain itu peningkatan juga berarti pencapaian dalam proses ukuran sifat hubungan dan sebagainya. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan program peningkatan nasionalisme pada siswa melalui progam-progam yang ada di sekolah meliputi (1) wujud program peningkatan nasionalisme pada siswa (2) bentuk pelaksanaan program peningkatan nasionalisme dalam progam-progam yang ada di sekolah (3) bentuk kendala dalam program peningkatan nasionalisme di sekolah (4) wujud upaya untuk mengatasi kendala peningkatan nasionalisme di sekolah. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan pendekatan kualitatif yang dan jenis penelitian deskriptif dalam mencari data informan yang terdiri dari Kepala sekolah Guru dan siswa-siswi SMA Negeri 1 Nganjuk. Pengumpulan data tersebut dilakukan dengan tiga tahapan yaitu Observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan cara reduksi data pengumpulan data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menjamin keabsahan data dengan cara sebagai berikut perpanjangan pengamatan meningkatkan kecermatan dalam penelitian dan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh 4 simpulan hasil penelitian sebagai berikut yang pertama program peningkatan nasionalisme di SMA Negeri 1 Nganjuk dibagi melaui beberapa program yaitu melalui program akademik dan progam non akademik. Progam akademik difokuskan pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Pendidikan Sejarah dan Pendidikan Bahasa Indonesia. Program non akademik difokuskan pada progam ekstrakulikuler progam peduli sesama dan progam jumat beriman. ii Kedua pelaksanaan dari program peningkatan nasionalisme di SMA Negeri 1 Nganjuk pada bidang akademik dilaksanakan dalam pembelajaran di dalam kelas melalui mata pelajaran yang ditentukan disetiap pembelajaran memiliki cara yang hampir sama yaitu evaluasi yang diberikan guru sebelum dan sesudah pembelajaran diskusi untuk mengevaluasi suatu kasus yang berhubungan dengan nasionalisme yang akan mendorong siswa untuk mengajukan pendapat setiap masing-masing individu. Pelaksanaan program peningkatan nasionalisme pada bidang non akademik ekstrakulikuler dilaksanakan di luar jam pembelajaran pada sore hari pulang sekolah dimulai pukul 15.00 sampai 17.00 untuk pelaksanaan program peduli sesama dan Jumat beriman juga dilaksanakan diluar jam pembelajaran pelaksanaanya dilaksanakan setiap hari Jumat mulai pukul 07.00 sampai 14.30 di lingkungan SMA Negeri 1 Nganjuk tanpa mengganggu pembelajaran di dalam kelas. Ketiga penghambat dalam pelaksanaan program peningkatan nasionalime di SMA negeri 1 Nganjuk tidak begitu signifikan untuk penghambat pada program akademik di dalam kelas ada beberapa siswa yang telat dan tidak tertib dalam mengikuti kegiatan pembelajaran ada beberapa siswa yang kurang fokus saat kegiatan pembelajaran maupun pelaksanaan yang dianggap meningkatkan nasinalisme pada siswa. Penghambat pada bidang progam non akademik hampir sama yaitu ketidak tertiban siswa dalam mengikuti kegiatan. Untuk sarana dan prasarana untuk kegiatan non akademik memiliki kendala pada base camp ekstrakulikuler Karya Ilmiah Remaja (KIR) yang membuat pelaksanaan kegiatan ekstrakulikuler tersebut tidak berjalan sesuai yang diharapkan. Keempat upaya dalam mengatasi program peningkatan nasionalisme di SMA Negeri 1 Nganjuk guru dan sekolah sudah memiliki aturan untuk ketidak tertiban siswa pada ketepatan waktu saat pelaksanaan progam akademik maupun progam non akademik pada masing-masing guru memiliki aturan masing-masing yang dianggap baik dalam memberi efek jera pada siswa. Kekurangan sarana dan prasanara base camp pada salah satu ekstrakulikuler tersebut sekolah akan memberikan dana untuk memberikan sarana dan sara yang nyaman terhadap semua kegiatan pelaksanana program peningkatan ansionalisme di SMA Negeri 1 Nganjuk. Saran peneliti setelah melakukan penelitian ini antara lain sebagai berikut (1) Bagi pihak sekolah SMA Negeri 1 Nganjuk agar sekolah memiliki program yang maksimal untuk melaksanakan progam peningkatan nasionalisme . Seharusnya sekolah lebih meningkatkan upaya dalam meningkatkan nasionalisme pada siswa yaitu dengan memaksimalkan pelaksanaan kegiatan akademik maupun non akademik pada ketertib an siswa yang tidak tertib juga memaksimalkan fasilitas sarana dan prasana pada setiap kegiatan sekolah yang dianggap penting untuk siswa itu sendiri seperti sarana pada progam peningkatan nasionalisme agar sisa lebih nyaman dan maksimal dalam pelaksanaan yang dilaksanakan di sekolah (2) Bagi peneliti yanga kan meneliti di SMA Negeri 1 Nganjuk hasil penelitian ini bisa digunakan sebagai salah satu bahan referensi bagi rekan-rekan mahasiswa yang ingin mengkaji dan melakukan penelitian lebih lanjut terkait tema yang sama dengan penelitian yang akan dilakukan peneliti dikemudian hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52360

Actions (login required)

View Item View Item