Penanaman nilai-nilai Pancasila pada peserta didik Sekolah Bhinneka Tunggal Ika di Dusun Blendongan Desa Sidoluhur Kecamatan Lawang Kabupaten Malang / Riski Aulia Zammastiningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Penanaman nilai-nilai Pancasila pada peserta didik Sekolah Bhinneka Tunggal Ika di Dusun Blendongan Desa Sidoluhur Kecamatan Lawang Kabupaten Malang / Riski Aulia Zammastiningrum

Zammastiningrum, Riski Aulia (2019) Penanaman nilai-nilai Pancasila pada peserta didik Sekolah Bhinneka Tunggal Ika di Dusun Blendongan Desa Sidoluhur Kecamatan Lawang Kabupaten Malang / Riski Aulia Zammastiningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Zammastiningrum Riski Aulia. 2018. Penanaman Nilai-Nilai Pancasila pada Peserta Didik Sekolah Bhinneka Tunggal Ika di Dusun Blendongan Desa Sidoluhur Kecamatan Lawang Kabupaten Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Rusdianto Umar S.H M.Hum. (II) Dr. H. A. Rosyid Al Atok M.Pd M.H. Kata Kunci Pancasila Pendidikan non formal Anak Usia Dini Pancasila merupakan pandangan hidup bangsa yang dijadikan pedoman bagi warga negara dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara. Tidak hanya dihafalkan namun juga harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu perlunya pembiasaan sejak dini agar nilai-nilai Pancsila dapat tertanam dalam generasi muda sebagai tunas bangsa. Salah satu jalannya adalah melalui pendidikan nonformal seperti yang dijalankan pada Sekolah Bhinneka Tunggal Ika. Sekolah yang sudah berjalan 8 bulan ini memiliki tujuan untuk membumikan nilai-nilai Pancasila pada anak-anak usia dini yang berada di Dusun Blendongan. Penelitian ini dilaksnakan dengan tujuan untuk mengetahui (1) nilai-nilai Pancasila yang ditanamkan pada peserta didik di Sekolah Bhinneka Tunggal Ika (2) Penanaman nilai-nilai Pancasila pada peserta didik di Sekolah Bhinneka Tunggal Ika (3) Faktor pendukung dan penghambat penanaman nilai-nilai Pancasila pada peserta didik di Sekolah Bhinneka Tunggal Ika (4) upaya dalam menanggulangi faktor penghambat dalam penanaman nilai-nilai Pancasila pada peserta didik di Sekolah Bhinneka Tunggal Ika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara mendalam kepada para narasumber observasi langsung dokumentasi ke lokasi penelitian dan tinjauan literatur. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menjamin keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber Hasil penelitian diketahui (1) Nilai-nilai Pancasila yang ditanamkan pada peserta didik di Sekolah Bhinneka Tunggal Ika yaitu memperkenalkan dengan agama berperilaku sopan mengetahui hak dan kewajiban mengenal teman sekelas hidup toleran memperkenalkan dengan lingkungan sekitar memperkenalkan dengan Indonesia mengajarkan hidup damai berdemokrasi saling membantu dan berperilaku adil (2) Penanaman nilai-nilai Pancasila pada peserta didik di Sekolah Bhinneka Tunggal Ika adalah dengan berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran bersalaman dengan pengajar membebaskan peserta didik memilih bangku menyelesaikan tugas mengantri saat pulang dan praktikum membuat prakarya kolase Garuda Pancasila dan bendera Merah Putih permainan kerjasama dan hidup rukun dengan temannya merayakan HUT RI ke-73 partisipasi dalam proses pembelajaran menolong temannya yang kesulitan dan memperlaukan peserta didik dengan adil (3) Faktor pendukung dan penghambat penanaman nilai-nilai Pancasila pada peserta didik di Sekolah Bhinneka Tunggal Ika berasal dari sumber daya manusia fasilitas belajar peserta didik masyarakat materi pembelajaran dan pembelajaran yang kurang maksimal (4) upaya ii menaggulangi faktor penghambat dalam penanaman nilai-nilai Pancasila pada peserta didik di Sekolah Bhinneka Tungal Ika adalah berasal dari pengurus Sekolah Bhinneka Tunggal Ika yang mencarikan pengajar tetap menambah beberapa fasilitas membuka kelas prakarya untuk anak-anak baru membatasi waktu belajar (pukul 08.00 10.00 WIB) mengadakan sosialisasi kepada masyarakat dan membuat persiapan materi serta dari Kepala Dusun Blendongan yang selalu siap sedia apabila diperlukan bantuan untuk Sekolah Bhinneka Tunggal Ika. Saran yang diberikan peneliti setelah melakukan penelitian antara lain adalah kepada pengurus dan pengajar Sekolah Bhinneka Tunggal Ika agar segera mencantumkan nama Sekolah Bhinneka Tunggal Ika kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Malang kepada masyarakat sekitar disarankan agar ikut berpartisipasi untuk keperluan di Sekolah Bhinneka Tunggal Ika dan kepada Kepala Dusun Blendongan untuk mengadakan pembahasan lanjutan mengenai Sekolah Bhinneka Tunggal Ika. Untuk Program Studi PPKn disarankan untuk menjadikan Sekolah Bhinneka Tunggal Ika sebagai sekolah binaan dan untuk peneliti selanjutnya disarankan untuk meneliti tentang perkembangan Sekolah Bhinneka Tunggal Ika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52357

Actions (login required)

View Item View Item