Peran Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Cukai Malang dalam mencegah peredaran rokok ilegal di Kabupaten Malang / Silfiyya Choili

Choili, Silfiyya (2018) Peran Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Cukai Malang dalam mencegah peredaran rokok ilegal di Kabupaten Malang / Silfiyya Choili. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Choili, Silfiyya. 2018. Peran Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Cukai Malang Dalam Mencegah Peredaran Rokok Ilegal di Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (1) Drs. H. Suparman Adi Winoto, S.H, M.Hum. (2) Drs.H. Suparlan Al Hakim, M.Si. Kata Kunci: Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Cukai, Rokok Ilegal, Cukai. Indonesia dikenal sebagai negara agraris yang berarti penduduk Indonesia mempunyai pencaharian disektor pertanian. Salah satu komoditas pertanian yang penting di Indonesia yaitu tembakau. Tembakau penting karena dapat menghasilkan produk berupa rokok yang dapat memberikan kontribusi terhadap pemasukan bagi kas negara melalui cukai. Namun, dalam peredarannya terdapat pelanggaran terhadap cukai yang dilakukan oleh pengusaha rokok. Pelanggaran terhadap cukai yaitu melakukan tindakan ilegal dengan memproduksi maupun mengedarkan rokok ilegal. Rokok ilegal merupakan rokok yang tidak dilekati dengan pita cukai, rokok yang menggunakan pita cukai bekas, rokok yang menggunakan pita cukai palsu, dan rokok yang menggunakan pita cukai yang bukan untuk peruntukannya. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah, dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci, pengambilan sampel sumber data dilakukan secara purposive dan snowball, teknik pengumpulan dengan trianggulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif, kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna daripada generalisasi. penelitian kualitatif juga merupakan tradisi tertentu dalam ilmu sosial yang secara fundamental bergantung dari pengamatan pada seorang manusia baik dalam kawasannya maupun dalam peristilahannya. Temuan penelitian dalam penelitian ini menghasilkan tiga pembahasan. Hasil pertama yaitu peredaran rokok ilegal di Kabupaten Malang. Hasil yang kedua yaitu peran Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Cukai Malang dalam mencegah peredaran rokok ilegal di Kabupaten Malang. Hasil yang ketiga yaitu bentuk pencegahan yang dilakukan oleh Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Cukai Malang dalam mencegah peredaran rokok ilegal di Kabupaten Malang. Sarannya yaitu Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Cukai Malang diharapkan dapat meningkatkan penyuluhan yang diberikan dengan membuat program-program menarik yang dapat dihadiri oleh seluruh lapisan masyarakat dan juga lebih meningkatkan lagi kampanye anti rokok ilegal melalui media sosial yang digemari oleh masyarakat. Selain itu masyarakat maupun pedagang rokok juga harus menyalurkan edukasi yang didapat kepada keluarga maupun kerabat-kerabatnya, agar wawasan yang diperoleh dapat tersebar lebih luas lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52353

Actions (login required)

View Item View Item