Penanaman perilaku bersih melalui kegiatan Jumat bersih di Madrasah Aliyah Hasanuddin Pare Desa Tertek Kecamatan Pare Kabupaten Kediri / Fathimah As-Syahidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penanaman perilaku bersih melalui kegiatan Jumat bersih di Madrasah Aliyah Hasanuddin Pare Desa Tertek Kecamatan Pare Kabupaten Kediri / Fathimah As-Syahidah

As-Syahidah, Fathimah (2018) Penanaman perilaku bersih melalui kegiatan Jumat bersih di Madrasah Aliyah Hasanuddin Pare Desa Tertek Kecamatan Pare Kabupaten Kediri / Fathimah As-Syahidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK As-syahidah Fathimah. 2017. Penanaman Perilaku Bersih melalui Kegiatan Jumat Bersih di Madrasah Aliyah Hasanuddin Pare Desa Tertek Kecamatan Pare Kabupaten Kediri. Skripsi Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H Suparman AW SH M.Hum (II) Dr. Didik Sukriono SH M.Hum. Kata Kunci Perilaku bersih kegiatan Jumat bersih Jumat bersih merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Madrasah Aliyah Hasanuddin Pare yang isinya berupa kegiatan kerjabakti yang dilakukan setiap hari Jumat. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal diantaranya apa yang dimaksud program Jumat bersih bentuk-bentuk penanaman perilaku bersih kendala yang ditemukan dalam penanaman perilaku bersih dan cara mengatasi kendala-kendala dalam proses penanaman perilaku bersih melalui kegiatan Jumatbersih di Madrasah Aliyah Hasanuddin Pare. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian ini berupa paparan kegiatan Jumat bersih dalam bentuk visual yang diperoleh saat penelitian berlangsung. Pengumpulan data dilakukan dengan memakai teknik wawancara dan observasi. Instrumen yang digunakan berupa instrument manusia yaitu peneliti sendiri. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan triangulasi data. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data tahap penyajian data dan tahap penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis diperoleh empat simpulan sebagai berikut. Pertama yang dimaksud dengan kegiatan Jumat bersih. Kegiatan Jumat bersih merupakan hasil komitmen bersama yang dilaksanakan oleh kepala Sekolah dengan Kepala Kantor Departemen Agama Kabupaten Kediri dalam rangka membangun kesadaran dalam diri siswa untuk menjaga kebersihan sekolah. Kegiatan Jumat bersih bertujuan untuk menanamkan perilaku tenggang rasa pada siswa serta menumbuhkan perilaku cinta kebersihan. Kedua masalah bentuk penanaman perilaku bersih melalui kegiatan Jumat bersih. Diantaranya adalah pesan kerjabakti lomba kebersihan kelas lomba pembuatan hasta karya dari bahan daur ulang serta lomba pembuatan mading dari bahan bekas. Ketiga masalah kendala dalam bentuk penanaman perilaku bersih melalui kegiatan Jumat bersih. Kendala diantaranya adalah kurang memiliki pemahaman yang cukup dalam proses bentuk penanaman perilaku bersih serta kurangnya kesadaran dalam penanaman perilaku bersih. Keempat masalah cara mengatasi kendala penanaman perilaku bersih melalui kegiatan Jumat bersih. Menanamkan perilaku bersih menambah koleksi buku bacaan tentang pendidikan akan membuat guru tergugah untuk belajar membaca serta mengirim guru untuk mengikuti workshop maupun seminar pendidikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52348

Actions (login required)

View Item View Item