Nilai-nilai moral pada tokoh utama RA Eunho dalam film serial Drama School 2017 / Fini Nofita

Nofita, Fini (2018) Nilai-nilai moral pada tokoh utama RA Eunho dalam film serial Drama School 2017 / Fini Nofita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Nofita, Fini. 2018.Nilai-nilai Moral Pada Tokoh Utama Ra Eunho Dalam Film Serial Drama School 2017. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Margono M.Pd, M.Si, (2) Dr. Yuniastuti, S.H, M.Pd, Kata kunci: Nilai, Moral, Film, School 2017 Moral merupakan dasar pemikiran seseorang untuk bertindak . Di mana kedudukan moral sebagai self-control dapat berfungsi dalam merealisasikan apa yang ada pada diri manusia dalam bentuk perbuatan, sikap, dan lain-lain. Dengan moral segala tindakan akan mudah terkontrol serta terarah, yang kemudian berpotensi untuk menumbuhkan sikap toleransi antara individu satu dengan yang lainnya.. Film yang mengandung nilai-nilai moral adalah film yang ceritanya menyangkut aspek-aspek kehidupan sosial, mengandung ajaran tentang tingkah laku yang baik, itu akan mudah diterima oleh penonton karena film memberi ruang lingkup bagi masyarakat untuk menerima atau menolak pesan yang disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) inti cerita yang terdapat dalam film School 2017, (2) alur cerita film serial drama School 2017, (3) nilai-nilai moral pada tokoh utama Ra Eunho dalam film School 2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan analisis semiotika sinematografi. Analisis semiotika dengan teori film semiotografi oleh Christian Metz. Sumber data dalam penelitian ini ialah dokumen file film serial drama School 2017.Untuk menjaga keabsahan data peneliti melakukan pengamatan terus-menurus dan menggunakan bahan referensi. Tahap analisis data dimulai dari tahap mengumpulkan data, memilah data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh tiga kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, Inti cerita dari film School 2017 menceritakan keahlian Ra Eunho yang jago menggambar berkeinginan untuk masuk Universitas Hanguk dengan mengikuti kompetisi webtoon . Dia mulai menggambar di buku sketsa dan bekerja paruh waktu untuk membeli tablet yang akan ia gunakan untuk membuat webtoon. Namun Usaha Eunho untuk masuk Universitas Hanguk tidak semudah yang ia bayangkan. Banyak tantangan yang harus dihadapi oleh Ra Eunho. Berawal dia dituduh sebagai si X pelaku kekacauan di sekolahnya, Ra Eunho menghadapi masalah di sekolahnya yang membuatnya berulang kali akan dikeluarakan di sekolah. Kedua, Ada dua puluh empat adegan yang terdapat pada film serial drama School 2017. Kedua puluh empat adegan tersebut menjadi kunci yang dapat membangun cerita. Film serial drama School 2017 memiliki alur maju mundur. Dapat dikatakan demikian karena beberapa adegan pada saat masa lalu Eunho. di namakan sebagai flashback. Ketiga, Terdapat 7 nilai-nilai moral yang dapat digali dalam film School 2017. Ketujuh perwujudan moral tersebut antara lain: kerja ii keras, jujur, demokrasi, peduli sosial, cinta damai, bertanggung jawab, dab bersahabat/komunikatif. Berdasarkan hasil analisis tentang temuan yang didapat dari adanya nilai-nilai moral tokoh utama Ra Eunho dalam film, peneliti dapat memberikan beberapa saran. Pertama, seyogyanyapenonton perlu menonton film yang sarat akan nilai-nilai moral di dalamnya. Sehingga penonton dapat meneladani hal-hal baik yang terdapat dalam film tersebut. Film serial drama ÔÇ£School 2017ÔÇØ memiliki 7 perwujudan nilai-nilai moral dari 18 butir-butir nilai karakter pada penguatan pendidikan karakter yang sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 yaitu kerja keras, jujur, demokrasi, cinta damai, peduli sosial, tanggung jawab, dan bersahabat/komunikatif. Jadi, penonton perlu meneladani atau mencari referensi film lain yang juga memiliki perwujudan nilai-nilai moral yang tidak ada dalam film serial drama ÔÇ£School 2017ÔÇØ yaitu religius, toleransi, disiplin, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, menghargai prestasi, cinta tanah air, gemar membaca, dan peduli lingkungan. Yang kedua, agar tumbuh sikap yang mewujudkan nilai-nilai moral dengan cara meneladani film serial drama School 2017.Untuk menjadikan generasi muda yang memiliki moral yang baik. Para generasi muda perlu meneladani perwujudan nilai-nilai moral dari film serial drama ÔÇ£School 2017ÔÇØ yang mana memiliki 7 perwujudan nilai-nilai moral dari 18 butir-butir nilai karakter pada penguatan pendidikan karakter yang sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 yaitu kerja keras, jujur, demokrasi, cinta damai, peduli sosial, tanggung jawab, dan bersahabat/komunikatif. Para generasi muda juga perlu meneladani atau mencari referensi film lain yang juga memiliki perwujudan nilai-nilai moral yang tidak ada dalam film serial drama School 2017 yaitu religius, toleransi, disiplin, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, menghargai prestasi, cinta tanah air, gemar membaca, dan peduli lingkungan. Hal ini diperlukan, sebab generasi muda akan menentukan nasib dan masa depan mereka serta kelangsungan hidup bangsa. .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52339

Actions (login required)

View Item View Item