Strategi pengembangan budaya membaca buku melalui program "Buku Masuk Warung" oleh Yayasan Bustanul Hikmah di Desa Karangbong, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Sidoarjo / Rachmad Dwi Oktanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi pengembangan budaya membaca buku melalui program "Buku Masuk Warung" oleh Yayasan Bustanul Hikmah di Desa Karangbong, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Sidoarjo / Rachmad Dwi Oktanto

Oktanto, Rachmad Dwi (2018) Strategi pengembangan budaya membaca buku melalui program "Buku Masuk Warung" oleh Yayasan Bustanul Hikmah di Desa Karangbong, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Sidoarjo / Rachmad Dwi Oktanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Oktanto Rachmad Dwi. 2018. Strategi Pengembangan Budaya Membaca Buku melalui Program Buku Masuk Warung di Desa Karangbong Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo. Skripsi Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Prodi PPKn Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Rosyid Al-Atok M.Pd. M.H (2) Dr. Sutoyo SH. M.Hum. Kata Kunci Budaya membaca Buku Masuk Warung Ilmu pengetahuan merupakan seluruh usaha sadar untuk menyelidiki menemukan dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia. Jalan untuk menguasai ilmu pengetahuan salah satunya adalah dengan banyak membaca buku. Kondisi Indonesia saat ini dalam hal budaya baca sangatlah memprihatinkan. Lembaga United Nations Educational Scientific and Cultural Organization (UNESCO) merilis hasil survei terhadap minat baca di 61 negara. Selain infrastruktur penunjang seperti menyediakan buku-buku di perpustakaan sekolah atau kota yang perlu juga diperhatikan adalah rendahnya minat baca masyarakat. Buku Masuk Warung ini merupakan salah satu program dari Yayasan Bustanul Hikmah dimana dalam menggalakkan budaya membaca buku yayasan tersebut bekerjasama dengan beberapa warung kopi yang bersedia untuk menjadi mitra dalam mengembangkan program tersebut. Kelebihan dari program ini dibandingkan dengan menggunakan perpustakaan keliling biasanya ialah karena warung kopi merupakan salah satu tempat strategis yang sering didatangi oleh masyarakat. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menjelaskan (1) sejarah terbentuknya program Buku Masuk Warung oleh Yayasan Bustanul Hikmah (2) strategi pengembangan budaya membaca buku melalui program Buku Masuk Warung oleh Yayasan Bustanul Hikmah di Desa Karangbong Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo (3) kendala yang dihadapi program Buku Masuk Warung oleh Yayasan Bustanul Hikmah dalam melaksanakan strategi pengembangan budaya membaca buku di Desa Karangbong Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo dan (4) upaya dalam mengatasi kendala yang muncul pada program Buku Masuk Warung oleh Yayasan Bustanul Hikmah dalam melaksanakan strategi pengembangan budaya membaca buku di Desa Karangbong Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitiannya adalah deskriptif. Lokasi penelitian yang dipilih adalah Yayasan Bustanul Hikmah dan salah satu warung kopi di Desa karangbong Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo. Prosedur untuk mengumpulkan data adalah dengan teknik observasi teknik wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrumen manusia yaitu peneliti sendiri. Analisis data dimulai dari melakukanreduksi data penyajian data dan menarik kesimpulan. Keabsahan data dilakukan uji kredibilitas dengan peningkatan perpanjangan pengamatan meningkatkan ketekunan dan triangulasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52336

Actions (login required)

View Item View Item