Peran aparatur desa dalam pelayanan publik melalui aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) berbasis website di Desa Pulosari Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang / Novia Safitri - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran aparatur desa dalam pelayanan publik melalui aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) berbasis website di Desa Pulosari Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang / Novia Safitri

Safitri, Novia (2018) Peran aparatur desa dalam pelayanan publik melalui aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) berbasis website di Desa Pulosari Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang / Novia Safitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Safitri Novia. 2018. Peran Aparatur Desa Dalam Pelayanan Publik Melalui Aplikasi Sistem Informasi Desa Berbasis Website Di Desa Pulosari Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang. Skripsi Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Suparlan Al Hakim M.Si (II) Drs. Ketut Diara Astawa S.H. M.Si Kata Kunci Peran Aparatur Desa Sistem Informasi Desa Paradigma baru pelayanan publik menempatkan publik sebagai pengguna jasa dan pemerintah sebagai peyelenggara pelayanan. Berkaitan dengan fungsi pemerintahan maka fungsi utama pemerintah adalah pemberian pelayanan kepada masyarakat oleh karena itu aparatur yang menjalankan fungsi pemerintahan adalah pengemban tugas pelayanan kepada masyarakat. Menurut ketentuan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 pasal 1 ayat (1) Pelayanan Publik adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga dan penduduk atas barang jasa dan/atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik. Setiap masyarakat mempunyai hak untuk mendapatkan pelayanan dari pemerintah dam pemerintah berkewajiban memberikan pelayanan kepada masyarakat secara optimal. Mengacu pada Undang-Undang No 6 tahun 2014 tentang Desa Pulosari menerapkan Sistem Informasi Desa untuk mengembangkan potensi wilayahnya tersebut. Bukan hanya itu Sistem Informasi Desa digunakan untuk proses surat administrasi desa dan pengelolaan data kependuduka. Tujuan dari penelitian ini meliputi (1) Untuk mengetahui rencana program pelayanan publik melalui aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) berbasis website di Desa Pulosari Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang (2) Untuk mengetahui pelaksanaan pelayanan publik melalui aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) berbasis website di desa Pulosari Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang (3) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi aparatur desa dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) berbasis website di desa Pulosari Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang (4) Untuk mengetahui upaya mengatasi kendala yang dihadapi aparatur desa dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) berbasis website di desa Pulosari Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini berupa sumber data primer yakni Aparatur desa yang terdiri dari Kepala Desa Sekretaris Desa Kepala Urusan umum Kepala Urusan perencanaan Kepala Urusan Keuangan Seksi Pemerintahan Seksi Pemerintahan Seksi Kesejahteraan dan Pelayanan Masyarakat dan masyarakat. Sumber data sekunder berupa profil desa dokumentasi desa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini dengan observasi wawancara dan ii dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data sajian data (data display) penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini dapat dijabarkan sebagai berikut. Pertama Rencana Program pelayanan publik di Desa Pulosari Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang. Sistem Informasi Desa (SID ) merupakan aplikasi yang diterapkan Desa Pulosari untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat Desa Pulosari. Di dalam SID terdapat program Desa Pulosari yang terkait dengan pelayanan kependudukan yaitu program layanan surat administrasi kependudukan. Kedua Pelaksanaan program pelayanan publik melalui aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) berbasis website untuk pelaksanaan program sejauh ini sudah berjalan sesuai rencana kegiatan yaitu penginputan data penduduk penyediaan pelayanan surat menyurat secara online dan offline. Ketiga kendala yang dihadapi oleh aparatur desa dalam pelayanan publik melalui aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) berbasis website antara lain kurangnya sosialisasi kepada masyarakat terkait sistem informasi desa (SID) dan Jaringan internet yang masih terbatas untuk mengakses website SID. Keempat upaya aparatur desa dalam pelayanan publik melalui aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) berbasis website antara lain menambah sosialisasi kepada masyarakat secara menyeluruh terkait Sistem Informasi Desa (SID) menambah pemasangan wifi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52334

Actions (login required)

View Item View Item