Peran pemerintah daerah dalam memberdayakan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) melalui "Aplikasi Banyuwangi Mall") di Kabupaten Banyuwangi / Indana Azizatul Fazriyah

Fazriyah, Indana Azizatul (2018) Peran pemerintah daerah dalam memberdayakan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) melalui "Aplikasi Banyuwangi Mall") di Kabupaten Banyuwangi / Indana Azizatul Fazriyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Fazriyah, Indana Azizatul. 2018. Peran Pemerintah Daerah Dalam Memberdayakan UMKM Melalui ÔÇ£Aplikasi Banyuwangi MallÔÇØ di Kabupaten Banyuwangi. Skripsi. Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sri Untari, M.Si, (II) Drs. Petir Pudjantoro, M.Si. Kata Kunci: Aplikasi Banyuwangi Mall, Pemerintah Daerah, UMKM Aplikasi Banyuwangi Mall merupakan hasil kerjasama antara PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) dengan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi. Kerjasama tersebut berawal dari inovasi yang diberikan oleh Dinas Koperasi dan UMKM Banyuwangi kepada Bapak Azwar Anas sebagai Bupati Banyuwangi yang kemudian PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) memberikan tawaran untuk melakukan kerjasama hingga diresmikan aplikasi ini. Aplikasi Banyuwangi Mall merupakan aplikasi jual beli online seperti aplikasi jual beli online lainnya, namun dalam aplikasi ini seluruh penjualnya merupakan UMKM asli Banyuwangi. Aplikasi ini dikelola oleh Tim Pengelola Rumah Kreatif Banyuwangi yang diberi wewenang untuk menangani aplikasi secara keseluruhan. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) bagaimana prosedur pemasaran produk oleh UMKM melalui ÔÇ£Aplikasi Banyuwangi MallÔÇØ di Kabupaten Banyuwangi, (2) bagaimana peran pihak-pihak terkait pengelolaan ÔÇ£Aplikasi Banyuwangi MallÔÇØ di Kabupaten Banyuwangi, (3) bagaimana kendala dan solusi yang dihadapi dalam pengelolaan ÔÇ£Aplikasi Banyuwangi MallÔÇØ di Kabupaten Banyuwangi, (4) bagaimana persepsi dari pelaku usaha terkait adanya ÔÇ£Aplikasi Banyuwangi MallÔÇØ di Kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Informan dalam penelitian ini (1) Staf Pemdapingan UKM di Klinik UMKM Dinas Koperasi dan UMKM Banyuwangi, (2) Kasie Perdagangan Dalam Daerah Dinas Perindustrian dan Perdagangan Banyuwangi, (3) Admin Rumah Kreatif Banyuwangi, dan (4) Pemilik UMKM di Banyuwangi. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan open coding, axial coding dan selective coding. Kemudian pengecekan keabsahan temuan dalam penelitian dilakukan dengan ketekunan pengamatan, triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa (1) prosedur pemasaran produk oleh UMKM melalui ÔÇ£Aplikasi Banyuwangi MallÔÇØ di Kabupaten Banyuwangi melalui tiga tahapan yaitu (a) mekanisme pendaftaran seller di Banyuwangi Mall, (b) bisnis proses Banyuwangi Mall, dan (c) proses pembayaran Banyuwangi Mall ke penjual; (2) peran pihak-pihak terkait pengelolaan ÔÇ£Aplikasi Banyuwangi MallÔÇØ di Kabupaten Banyuwangi terdapat tiga pihak yang berperan yaitu (a) Dinas Koperasi dan UMKM Banyuwangi yang bertugas sebagai fasilitator dengan memberikan pelatihan kepada UMKKM, (b) Dinas Perindustrian dan Perdagangan Banyuwangi yang bertugas memberikan izin usaha, merk dan label pada produk UMKM, dan (c) Tim Pengelola Rumah Kreatif Banyuwangi yang bertugas sebagai fasilitator dengan memberikan pelatihan dan melakukan ii kunjungan kepada UMKM; (3) kendala yang dihadapi dalam pengelolan ÔÇ£Aplikasi Banyuwangi MallÔÇØ di Kabupaten Banyuwangi berasal dari sumberdaya manusia yaitu UMKM yang kurang memahami tentang IT dan pentingnya inovasi kemasan produk dan dari aplikasi yang masih berbentuk website hingga kurangnya promosi sehingga solusi yang telah diberikan yaitu pelatihan kepada UMKM dan pemberian konten-konten pada aplikasi hingga promosi melalui media sosial; (4) persepsi dari pelaku usaha terkait ÔÇ£Aplikasi Banyuwangi MallÔÇØ di Kabupaten Banyuwangi sesuai dengan hasil penjualan produk UMKM, beberapa pelaku usaha seperti pemilik usaha batik dan kopi Banyuwangi merasakan dampak positif sedangkan untuk beberapa pelaku usaha lainnya seperti pemilik usaha makanan ringan, kaos, kerajinan dan tas kurang merasakan dampak positif. Saran yang diberikan oleh peneliti yaitu upaya promosi yang dilakukan oleh seluruh pihak. Promosi dilakukan melalui website resmi Dinas Koperasi dan UMKM Banyuwangi dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Banyuwangi. Selain itu Tim Rumah Kreatif Banyuwangi dapat mengaktifkan konten sposor pada media sosial Aplikasi Banyuwangi Mall dan melakukan evaluasi setiap bulan untuk meningkatkan penjualan pada bulan berikutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52333

Actions (login required)

View Item View Item