Implementasi pendidikan karakter dalam kegiatan Sinau Sosial SMAN 9 Malang di Desa Karanganyar Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang / M Ali David

David, M. Ali (2018) Implementasi pendidikan karakter dalam kegiatan Sinau Sosial SMAN 9 Malang di Desa Karanganyar Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang / M Ali David. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK David, M Ali. 2018. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Kegiatan Sinau Sosial SMAN 9 Malang di Desa Karanganyar Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Didik Sukriono SH., M Hum, (II) Drs. Suparman AW, SH., M Hum. Kata Kunci: Implementasi Pendidikan Karakter, Pendidikan Karakter, Sinau Sosial Salah satu tantangan besar yang dihadapi oleh bangsa Indonesia dalam mengembangkan kualitas sumberdaya manusia adalah upaya penanaman karakter bangsa. Salah satu upaya penanaman karakter yang efektif adalah melalui kegiatan di sekolah. Dalam penanaman karakter di sekolah terdapat berbagai kegiatan positif yang dapat dilakukan anak. Kegiatan tersebut antara lain adalah; kegiatan sholat berjamaÔÇÖah di masjid sekolah, kegiatan upacara bendera rutin setiap senin, kegiatan ekstrakulikuler dam lain-lain. Peningkatan sumberdaya manusia sejak dini merupakan hal penting yang harus direncanakan sungguh-sungguh. Karakter bangsa merupakan aspek penting dari kualitas sumberdaya manusia karena kualitas karakter bangsa menentukan kemajuan suatu bangsa. Adapun salah satu peran strategis untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia adalah dengan menerapkan pendidikan karakter pada sekolah-sekolah. Penanaman pendidikan karakter di satuan pendidikan dapat diwujudkan dalam kegiatan pembelajaran, pengembangan budaya sekolah melalui pengembangan diri, kegiatan ekstrakurikuler, kegiatan keseharian di rumah dan masyarakat. Penerapan pendidikan karakter yang dilakukan SMAN 9 Malang dalam kegiatan Sinau Sosial adalah suatu kegiatan yang unik dan berskala besar sehingga menarik untuk diteliti. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan Sinau Sosial dalam mengimplementasikan pendidikan karakter. Serta mendeskripsikan nilai-nilai apa saja yang terkandung dalam kegiatan, bentuk-bentuk kegiatan yang dilakukan, hambatan dalam pelaksanaan dan solusi yang diberikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data yang dipakai yaitu informan, peristiwa, dan dokumen. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan diakhiri penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan cara triangulasi sumber dan triangulasi teknik pengujian data dengan membandingkan antara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan data yang telah dikumpulkan, diperoleh temuan penelitian sebagai berikut. Dalam kegiatan Sinau Sosial terdapat muatan Nilai-nilai karakter antara lain: (1) Nilai Peduli Sosial, Nilai Mandiri, Nilai komunikatif, Nilai religius, Nilai kedisiplinan, Nilai tanggung jawab, Nilai Kepolosan, Nilai Kreatif. (2) Bentuk-bentuk implementasi pendidikan karakter dalam kegiatan Sinau Sosial ii adalah Siswa melakukan pekerjaan rumah tangga di masing-masing rumah induk semang yang ditempati, Siswa ikut membantu dalam pekerjaan induk semang, Kegiatan pasar murah untuk warga Desa Karanganya, Kegiatan khotmil qurÔÇÖan di musholla-musholla sekitar Desa Karanganyar, Pemberian tugas penelitian dan laporan kegiatan harian, Kegiatan pentas seni di lapangan Desa Karanganyar. (3) Hambatan implementasi pendidikan karakter dalam kegiatan Sinau Sosial Adalah rundown acara yang bertabrakan, sulitnya komunikasi antara siswa dengan warga, Kurangnya fasilitas yang digunakan untuk menunjang kegiatan. (4) Solusi atas hambatan yang ada dalam implementasi pendidikan karakter dalam kegiatan Sinau Sosial adalah Dalam mengatasi rundown acara yang bertabrakan adalah dengan mengatur rundown dengan lebih memperhatikan alokasi waktu, Memberikan sosialisasi dan motivasi kepada siswa agar lebih berani dalam memulai komunikas dengan warga, Dengan menambah jumlah alat transportasi yang digunakan siswa. Saran yang diberikan peneliti setelah melakukan penelitian ini adalah sebagai berikut. Bagi Dinas Pendidikan Kota Malang, agar lebih mendukung pelaksanaan pendidikan karakter yang dilakukan di sekolah-sekolah. Bagi SMA Negeri 9 Malang, agar terus mengevaluasi dan memaksimalkan pelaksanaan pendidikan karakter yang telah berjalan di sekolah. Bagi Panitia Sinau Sosial, agar terus meningkatkan ketekunan. Bagi Siswa-siswi SMA Negeri 9 Malang, agar dapat bekerja sama sesuai dengan tujuan kegiatan yang diintruksikan oleh panitia Sinau Sosial.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52325

Actions (login required)

View Item View Item